Trend Baru: Plogging, Jogging Sambil Mengumpulkan Sampah


Pola hidup sehat sekarang memang sedang naik daun. Kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat membuat banyak orang mulai secara rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan yang sehat sampai juga memperhatikan lingkungan tempat. Di negara-negara barat akhir-akhir ini muncul kebiasaan baru diikuti dengan semacam aktivitas olahraga yang menggabungkan jogging rutin dengan mengumpulkan sampah-sampah dijalur yang mereka lewati saat jogging. Aktivitas ini disebut dengan Plogging. Yuk kita bahas 🙂

Plogging adalah kombinasi dari jogging dengan memungut sampah (Swedia: plocka upp). Plogging ini dimulai sebagai kegiatan yang terorganisir di Swedia sekitar 2016 dan menyebar ke negara-negara lain pada tahun 2018, menyusul meningkatnya kekhawatiran tentang polusi plastik. Sebagai sebuah aktivitas workout, plogging merupakan variasi gerakan dengan melibatkan bending, squatting (jongkok) dan stretching (peregangan) sampai pada aktivitas utamanya yaitu jogging (berlari).

Erik Ahlström memulai aktivitas plogging di ibukota Swedia, Stockholm, ketika ia pindah dari Åre ski resort. Ia membuat website Plogga untuk mengatur dan mendorong para relawan.

Saking populernya tren baru ini, sebuah aplikasi kebugaran Swedia, Lifesum, memungkinkan penggunanya untuk login dan melacak aktivitas plogging mereka sebagai latihan.

Menurut Lifesum, selama plogging pengguna akan membakar 288 kalori dalam 30 menit, di mana angka itu kurang lebih sama dengan kalori yang terbakar saat melakukan jogging.

Lifesum juga bekerja sama dengan nirlaba, Keep America Beautiful, untuk menyediakan sumber online bagi plogger, sebutan untuk para plogging, yang ingin mencatat sampah yang telah mereka kumpulkan.

Mike Rosen, wakil presiden senior di Keep America Beautiful, berpikir bahwa plogging adalah cara yang bagus untuk mendorong orang membuat perbedaan di lingkungan sekitar mereka.

“Anda hanya membutuhkan peralatan lari (seperti sepatu) dan tas untuk sampah”, ucap Rosen.

“Hasilnya Anda bisa memperbaiki kesehatan Anda sendiri dan juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda”.

Jika Anda ingin melihat bagaimana antusisme warga Swedia dalam melakukan plogging, silahkan mengetik hastag #plogging di Instagram atau Twitter. Di sana terdapat banyak foto ketika para plogger yang membawa kantong plastik sampah bersama mereka sehingga mereka bisa menyimpan sampah yang mereka temukan di sepanjang rute lari mereka.

Coba lihat deh aktivitas plogging di video yang saya sertakan di bawah ini:


 

Nah….kayaknya seru nih kalau aktivitas plogging ini bisa kita lakukan dan diterapkan dilingkungan kita. Hidup sehat plus lingkungan jadi bersih.

What do you think?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.