Mengundang Anda Sebagai Blogger Tamu


Sudah lama saya ingin mengundang teman-teman penulis ataupun blogger untuk bisa jadi blogger tamu (guest blogger) di blog saya ini, namun niatan tersebut selalu tertunda. Banyak hal yang membuat saya selalu mengurungkan niatan saya tersebut dan sebagian besar dikarenakan saya tidak terlalu pede untuk jadi “tuan rumah” bagi tamu-tamu blogger yang ingin saya undang tersebut.

Hari ini dorongan tersebut kembali muncul pada saat saya sedang mem browsing linimasa di salah satu media sosial. Saat itu perhatian saya tertuju pada sebuah posting status dari salah satu teman yang menurut saya bisa di kategorikan sebagai blog posting namun di posting sebagai status. Saya tertegun beberapa saat, karena sudah sangat jarang saya mendapati tulisan-tulisan yang berbentuk blog posting apalagi di posting sebagai status media sosial. Dan memang jika saya perhatikan dari tulisan mereka beberapa orang memiliki kemampuan menghasilkan tulisan yang cukup baik. Pertanyaannya, mengapa mereka tidak mempostingnya sebagai blog post ya? Saya pikir pertanyaan ini tidaklah penting untuk dijawab karena saya yakin teman-teman pasti memiliki alasan yang tepat untuk itu.

Blog itu medium untuk berbagi yang menurut saya lebih personal ketimbang media sosial. Semenetara itu media sosial adalah tempat ‘bergaul’, dimana tingkat visibilitasnya jauh lebih tinggi ketimbang blog (jika secara branding si blogger belum dikenal). Oleh karena itu media sosial jauh lebih diminati untuk menyebarkan pesan ataupun opini singkat. Ya ‘singkat’ adalah kata kunci yang banyak diyakini membedakan antara blog dan media sosial. Walaupun menurut saya tetap saja tidak terlalu relevan, karena seseorang seperti Seth Godin pun kadang blog postnya hanya beberapa baris, namun konten yang ia hasilkan memiliki daya tarik luar biasa bukan? Ya tentunya jangan dibandingkan dengan Seth Godin dong Bang….hehehe, why not?

Kembali pada pembahasan saya di awal, saat membuka blog post ini. Dengan munculnya tulisan-tulisan ‘blog’ di status media sosial, saya yakin bahwa masih banyak teman-teman yang memang memiliki kemampuan blogging cukup baik yang menggunakan kolom status di media sosial untuk menyampaikan buah pikiran mereka. Dan ini mendorong saya ingin mengundang mereka untuk menulis di blog saya (jika blogging dirasakan cukup berat buat mereka) sebagai ‘blogger tamu” (guest blogger).

Mohon kesediaannya jika satu saat saya menyapa dan mengundang Anda untuk berkontribusi sebagai blogger tamu (guest blogger) di blog ini, karena itu artinya Anda masuk sebagai penulis yang saya kagumi dan saya ingin tulisan Anda bisa dibaca dan dinikmati oleh para pembaca saya.

Tentu saja bersedianya Anda untuk jadi blogger tamu merupakan sebuah kehormatan bagi saya.

Terima kasih!

Ps: Sedikit tentang Seth Godin… Seth membagi tulisan di media online menjadi 2, yaitu tulisan-tulisan singkat yang ada di Typepad (yang ia sebut sebagai Seth’s Blog) dan artikel-artikel panjangnya Seth yang ada di Medium. Bahkan Seth pun memperlakukan blog sebagai tulisan pendek (dimana ia mempostingnya hampir setiap hari)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.