Blogging Sekaligus Update Status di Media Sosial


Memangnya blogging itu ada yang baca mas? Sudah cape-cape nulis panjang kalau gak dibaca kan males. Mending update status di media sosial, singkat,ringkas dan pasti dibaca orang bukan?

Saya banyak menerima pertanyaan seperti itu. Ada 2 poin yang perlu saya tekankan sebelum menjawab pertanyaan tersebut.

Yang pertama, blogging itu sebetulnya catatan atau pendokumentasian yang dulu sering disebut dengan jurnal atau log (blog = web log). Karena blog itu berbasis web, maka tentu konten yang ingin kita jadikan catatan itu juga tidak harus berbentuk teks. Bisa foto (photoblog), bisa video (vlog), bisa audio (podcast) atau bisa perpaduan antara semuanya.

Yang kedua, tidak ada aturan bahwa blog itu harus panjang. Kalau kita lihat bagaimana bentuk dari blognya Seth Godin, maka bisa kita lihat bahwa Seth pun blogging setiap hari dimana bentuknya sama seperti update status di media sosial. Bahkan saya sering juga melihat beberapa teman yang memiliki kemampuan menulis diatas rata-rata mengupdate status dengan tulisan panjang di media sosial.

Nah memang memposting konten dibanyak medium itu membutuhkan effort yang cukup besar, belum lagi kalau mindset kita melihat bahwa setiap medium perlu ditreat berbeda (padahal ya tidak selalu). Kalau melihat apa yang dilakukan oleh Seth Godin rasa-rasanya jadi tidak ada salahnya blogging dengan konten yang sama dengan update status. Lalu bagaimana caranya supaya tidak harus memposting satu-per satu di tiap medium? Kalau saya ya menggunakan fungsi otomatisasi berbagi (auto share) yang biasanya sudah tersedia di setiap platform blog. Jadi sekali posting di blog, maka seluruh media sosial kita juga terupdate secara bersamaan.

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan….akan saya coba jelaskan 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.