Apakah Sebuah Bisnis Perlu Memiliki Website?


Mengapa sebuah bisnis perlu memiliki website untuk bisnis kita? Ini adalah pertanyaan yang seringkali muncul dilontarkan oleh banyak orang terhadap saya (dan mungkin juga menjadi pertanyaan Anda).

Sejujurnya pertanyaan tersebut merupakan salah satu pertanyaan paling penting dan paling sering ditanyakan tentang bisnis digital. Saya jadi teringat saat pertama kali saya diberikan pertanyaan tersebut pada sekitar tahun 1998, saat internet hitungannya masih balita.

Jadi apakah sebaiknya bisnis Anda memiliki website, meskipun bisnis Anda kecil dan menjual produk atau layanan yang menurut Anda tidak dapat dijual secara online? Jawaban saya pada tahun 1998 sama dengan jawaban saya hari ini: Ya, jika Anda memiliki bisnis, Anda harus memiliki website. Titik. Tidak ada pertanyaan. Tanpa keraguan.

Selain itu, jangan terlalu cepat menganggap produk/layanan Anda sebagai sesuatu yang tidak dapat dijual secara online. Saat ini, sangat sedikit yang tidak bisa dijual melalui internet. Lebih dari 20 juta pembeli sekarang mencari sesuatu lewat online, serta membeli semuanya lewat online, mulai dari buku, komputer, mobil, rumah, pesawat jet, gas alam, hingga apa pun itu. Jika Anda bisa membayangkannya, seseorang akan mencari cara cara untuk menjualnya secara online.

Namun perlu saya klarifikasi satu hal bahwa saya tidak mengatakan Anda serta merta harus mengerahkan semua upaya Anda untuk menjual barang Anda melalui internet, meskipun jika produk Anda mudah dijual lewat online. Yang saya maksud adalah Anda tentu harus mulai dengan mempertimbangkannya. Poin saya di sini adalah bahwa setidaknya bisnis Anda harus memiliki kehadiran di web sehingga pelanggan, calon karyawan, mitra bisnis, dan bahkan investor dapat dengan cepat dan mudah mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda dan produk atau layanan yang Anda ingin tawarkan.

Dengan tujuan seperti itu, maka sebenarnya tidak cukup Anda hanya memiliki website saja. Anda harus memiliki website yang tampak profesional jika Anda ingin dianggap serius. Karena banyak konsumen sekarang mencari informasi online sebelum melakukan pembelian di toko, website Anda mungkin adalah kesempatan pertama yang Anda miliki untuk membuat kesan yang baik pada calon pembeli. Jika website Anda terlihat dirancang dengan sembarangan dan tidak baik, maka kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang baik akan hilang.

Salah satu manfaat memasukkan bisnis Anda ke ranah internet adalah dapat membuat bisnis Anda bisa bersaing bahkan dengan para bisnis besar. Seperti disebutkan, Anda memiliki kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik. Dengan website yang dirancang dengan baik, organisasi bisnis milik Anda dapat memberikan kesan sebuah organisasi yang profesional seperti perusahaan yang jauh lebih besar dari kondisi sebenarnya. Namun kebalikannya juga demikian. Saya sering melihat banyak website perusahaan besar yang dirancang sedemikian buruk dan sulit untuk dinavigasi sehingga mereka benar-benar terlihat tidak memiliki profesionalisme dan kredibilitas. Bagus untuk Anda dan sayang sekali untuk mereka.

Oleh karena itu, di Bangwin Consulting, jasa layanan konsultasi bisnis berbasis digital yang sudah kami jalankan sejak tahun 2012, pertanyaan pertama pada calon klien kami selalu mengarah pada website yang mereka miliki. Bahkan kami selalu mengobservasi keberadaan website bisnis mereka terlebih dahulu sebelum bertemu dengan mereka untuk memastikan solusi seperti apa yang bisa kami berikan saat pertama kali bertemu. Itu kami lakukan untuk bisa memahami bagaimana eksistensi bisnis calon klien kami di dunia maya.


Jika Anda ingin berkonsultasi dengan kami, Anda bisa menghubungi kami di Bangwin Consulting dengan mengirimkan email ke bangwin[at]gmail.com, menyapa kami di Twitter @bangwinissimo dan Instagram @bangwin

Iklan

2 pemikiran pada “Apakah Sebuah Bisnis Perlu Memiliki Website?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.