Mengajak Diaspora Pulang Ke Indonesia


Baru baca di linimasa Twitter ada yang posting tentang terobosan besar yang dilakukan oleh salah satu perusahaan jasa penyedia/pencari tenaga kerja untuk mengajak para diaspora untuk kembali ke tanah air (link beritanya menuju ke Swa Online).

Jadi kepikiran, bagi sebagian pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote seharusnya secara logika lokasi tempat bekerja jadi tidak terlalu relevan lagi bukan? Saya ambil contoh, seorang Happiness Engineer di Automattic (perusahaan inisiator WordPress) bisa berada dimana saja asalkan mereka memiliki akses ke internet. Dan jika kita perhatikan di Guru.com ataupun Freelancer.com, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus memikirkan tempat kita bekerja, dengan kata lain semua pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote.

Permasalahannya adalah masih belum banyak perusahaan yang bisa menerapkan kebijakan bekerja secara remote di perusahaan mereka. Dan kadang hal tersebut membuat mereka kesulitan sendiri karena pada bidang-bidang tertentu memang tenaga yang diinginkan sangat sulit untuk didapat.

Tentu saja bukan berarti semua pekerjaan bisa dilakukan secara remote lho ya. Bila para diaspora memang ingin membangun bisnis di Indonesia, ya mereka harus relokasi ke tanah air. Dengan kata lain ya pulang kampung lah caranya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.