Permasalahan Mudik


Lebaran sudah lewat. Yang mudik sudah mulai kembali dari mudiknya. Dan tetap saja permasalahan lama-tidak nya waktu tempuh untuk mudik tersebut jadi bahan perbincangan banyak orang.

Macet dan lamanya waktu tempuh untuk mudik itu sudah jadi peristiwa rutin yang terjadi. Dan kalau kita menggunakan pemikiran yang rasional ya peristiwa tersebut wajar-wajar saja terjadi, lha bagaimana tidak? Pengguna transportasi dalam jumlah super masif dalam waktu yang bersamaan tumplek sekaligus membanjiri, jalan raya, terminal bis, stasiun kereta, bandara….. What do you expect?

Yang menyebalkan buat saya (gak tahu kalau orang lain ya) adalah banyak yang mulai mencari penyebab dan menyalahkan ketimbang menerima dan belajar mengatasinya sendiri. Yang lebih menyebalkannya lagi adalah yang mulai menyangkut pautkan pada berhasil atau tidaknya upaya-upaya pemangku kekuasaan atau pemerintah meringankan penderitaan para pemudik ini. Guys…saya ulangi lagi kali ya,

“Pengguna transportasi dalam jumlah super masif dalam waktu yang bersamaan tumplek sekaligus membanjiri, jalan raya, terminal bis, stasiun kereta, bandara….. What do you expect?”

Saya pikir usaha pemerintah setiap periode kepemimpinan selalu dilakukan dan selalu ada hasilnya walaupun memang berbeda-beda dan setiap usaha tersebut patut kita hargai. Kritis boleh, tapi jangan diteruskan jadi nyinyir lah….hehehe

Yang terpenting sebetulnya karena pola setiap tahun memang seperti itu, ya silahkan saling menyikapinya dengan mencari pemecahan yang sesuai dengan individu masing-masing. Mengutip apa yang disampaikan oleh Yuva Noah Harari dalam bukunya Sapiens, kita manusia bukanlah yang terkuat di jaman kemunculannya dulu, namun bisa survive karena kita (homo sapiens) menggunakan otak kita yang penuh dengan kreativitas untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang kompleks.

Nah jika demikian mengapa kita tidak jadikan masalah mudik ini sebuah tantangan yang harus dicarikan solusinya mulai dari setiap individu?

Iklan

2 pemikiran pada “Permasalahan Mudik

  1. I have a dream… one day akan melakukan sebaliknya… Tinggal di luarkota dan pada momen2 idulfitri justru berlibur k Jkt.
    So I’m also a dreamer…. 😊

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.