Bagaimana Membangun Audiens untuk Blog Anda?


Sekarang, pada saat ini Anda mungkin berpikir bahwa sebuah blog post dengan lebih dari 500 kali dibagikan itu tampaknya jauh sekali untuk dicapai. Itu benar. Dan postingan blog pertama Anda tidak akan mencapai 500 kali dibagikan.

Namun, jenis kegiatan sosial dan traffic seperti itu akan tiba waktunya Anda dapatkan, jadi mari kita persiapkan bagaimana Anda akan sampai di sana.

Kanal Sosial

Sementara Anda tidak dapat dipaksa untuk bisa belajar dan menggabungkan profil sosial yang aktif di setiap jejaring sosial, Anda dapat memanfaatkan berbagai jaringan dan membuat profil secara gratis.

Minimal, blog Anda harus memiliki Facebook Page, akun Twitter dan Halaman Google+. Jika audiens Anda tampaknya merupakan jenis audiens yang mungkin menggunakan Pinterest atau Instagram, amankan juga akun-akun itu.

Seiring waktu, Anda bisa juga menggunakan kanal YouTube, LinkedIn Company Page, dan jaringan sosial gratis lainnya yang memungkinkan Anda membuat akun untuk brand yang Anda bangun.

Anda dapat meluangkan waktu untuk mencari tahu setiap kanal dan menentukan tingkat aktivitas Anda nanti. Untuk saat ini, pastikan Anda mengamankan profil brand Anda dan, jika mungkin, URL khusus seperti, facebook.com/bangwin.

Salah satu fitur situs dan tema WordPress yang akan Anda dapatkan adalah kemampuan untuk mengatur dan menampilkan ikon profil media sosial yang mewakili setiap jaringan sosial dan terhubung ke profil Anda masing-masing. Ini memungkinkan pengunjung situs Anda menemukan dan mengikuti Anda di jaringan tersebut jika mereka memang menginginkannya!

Dan ingat, seiring waktu, Anda akan belajar bagaimana dan kapan membagikan konten Anda ke jaringan tersebut, memungkinkan pengikut sosial Anda untuk melihat bahwa Anda telah menerbitkan sesuatu yang baru.

Jadi siapkan profil tersebut dan tambahkan ikon yang ditautkan segera.

Newsletter

Selanjutnya, pastikan bahwa Anda menggunakan layanan pemasaran email dan menawarkan  pembaca blog Anda untuk berlangganan newsletter Anda.

Anda tidak harus membuat janji apa pun dalam hal seberapa sering Anda mengirim newsletter, dan Anda tidak harus memiliki rencana khusus untuk isi dari newsletter tersebut.

Tetapi Anda harus mulai mengembangkan daftar email Anda.

Daftar email Anda akan menjadi aset blog Anda yang paling berharga.

Membangun Daftar Email

Selain hanya memiliki daftar yang dapat dilanggankan oleh orang-orang, ada hal-hal tertentu yang ingin Anda lakukan untuk membuat daftar itu menjadi lebih baik.

CTA (Call-To-Action) untuk Berlangganan

Teknik pertama adalah yang saya sebutkan sebelumnya, yaitu memasukkan undangan untuk berlangganan newsletter Anda di dalam tubuh atau CTA artikel Anda.

Itu sangat efektif ketika Anda berada di tengah-tengah serangkaian posting, atau Anda tahu bahwa Anda akan mengunjungi kembali topik postingan di posting berikutnya, sehingga Anda dapat mengilik pembaca Anda dan mendorong mereka untuk berlangganan agar tidak ketinggalan konten yang akan datang tersebut.

Peningkatan Konten

Teknik kedua adalah salah satu yang telah saya tunjukkan dalam posting blog ini, saya menyebutnya dengan “Peningkatan Konten.”

Seluruh artikel gratis dan tersedia untuk dibaca, tetapi Anda juga dapat menawarkan sesuatu yang ekstra kepada pembaca Anda yang hanya bisa mereka dapatkan jika mereka berlangganan.

Peningkatan Konten biasanya mudah disatukan dan sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Konten Khusus Langganan

Teknik ketiga adalah yang disebut dengan “konten khusus langganan” – konten yang bisa dibaca dengan berlangganan terlebih dahulu.

Sebetulnya tingkat konversi yang tertinggi justru ada pada konten khusus langganan ini. Namun, sayangnya kurang efektif dalam menarik lalu lintas karena halaman arahan cenderung memiliki sangat sedikit konten yang sebenarnya.

Namun justru sebaliknya, cara ini paling baik digunakan untuk kampanye iklan.

Mulai dengan mengatur kanal sosial Anda dan menggabungkan formulir pendaftaran email berlangganan daftar. Setelah blog Anda mulai mendapatkan traffic yang cukup baik, Anda dapat menambahkan pembaruan konten, konten khusus pelanggan, dan bahkan berbagai jenis pop-up untuk dapat mengonversi lebih banyak pembaca Anda menjadi pelanggan.

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Bagaimana Membangun Audiens untuk Blog Anda?

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.