Ke Ternate dan Tidore!


Karena begitu jarangnya saya berkunjung ke Indonesia bagian Timur, sampai saat ini wilayah tersebut masih menjadi misteri bagi saya. Beberapa tahun yang silam saya pernah diundang ke Maluku dan Kepulauan Kei, dan saat itu menjadi pengalaman pertama saya berkunjung ke Indonesia bagian Timur. Yak saya jatuh cinta dengan Maluku & kepulauan Kei saat itu. Kerinduan saya masih saya pendam sampai akhirnya saya mendapatkan undangan untuk kembali berkunjung ke Indonesia bagian Timur. Kali ini masih disekitaran Maluku, tepatnya di Maluku bagian Utara yaitu di kota Ternate dan Tidore.

Dalam waktu 3 hari (7 – 9 Juli 2018), saya (dengan tim) diundang ke Ternate oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara (Ternate), dibawah Dirjenbud untuk melakukan kegiatan memberikan pelatihan kepada komunitas anak muda yang ada di Ternate dan sekitarnya agar bisa membawa kebudayaan lokal ke dunia internasional dengan menggunakan media sosial. Materi pelatihan yang direncanakan mulai dari merancang konten, mencari bahan, mengolah bahan, membuat konten sampai dengan strategi berbagi lewat dunia online.

Seperti kita ketahui dunia online itu adalah dunia tanpa batas (borderless). Dengan strategi yang tepat dan baik maka informasi akan bisa dijangkau oleh siapa saja dan dimana saja yang terkoneksi dengan internet. Jadi apa yang diinginkan adalah potensi-potensi kebudayaan lokal yang memiliki daya tarik tersebut pun sebetulnya jadi bisa dikomunikasikan dengan cara yang mudah, yaitu menggunakan teknologi sehari-hari yang kita gunakan.

Tiga hari akan dibagi menjadi 3 sesi, dengan urut-urutan hari pertama pembekalan umum tentang media sosial, lalu dilanjutkan field trip ke Tidore untuk mengumpulkan bahan-bahan yang bisa dijadikan konten di hari kedua. Lalu hari ketiga adalah workshop pembuatan konten itu sendiri sampai dengan merancang strategi berbagi di media sosial.

Saya akan mencoba mendokumentasikan perjalanan saya ke Ternate ini dengan medium apapun yang bisa saya gunakan. Yang pasti serial blogpost (make sure kalian subscribe agar tidak tertinggal) dan video dengan format landscape (YouTube) serta percobaan dengan format landscape (IGTV).

Oh iya jangan lupa subscribe di kanal YouTube saya, dan follow akun Instagram saya juga sehingga kalian bisa ikutan menikmati Ternate dan Tidore bersama saya 🙂

Ada usulan? Please tinggalkan di kolom comment dibawah ini ya? I’ll see you at Ternate then…;-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.