Menjadikan Blog Anda Bisa Menghasilkan Pendapatan


Make-Money-Online-Blogging

Saya telah menyebutkan diblogpost saya sebelumnya bahwa cara terbaik untuk mengarahkan pembaca melalui blog Anda ke dalam “pembelian” adalah dengan menciptakan funnel bagi mereka (maaf saya tidak menemukan padanan kata yang baik untuk funnel dalam bahasa Indonesia). Saya juga membahas sebelumnya tentang bagaimana konten yang ditempatkan pada bagian bawah funnel tersebut sangat kuat untuk mengubah pembaca menjadi pelanggan.

Piramida Konten

Sekarang, mari kita membalik funnel tersebut sehingga tampak seperti piramida:

content-pyramid

 

Seperti yang Anda lihat, bagian atas dari Piramida Konten didominasi oleh “top-level page” Ini adalah laman situs Anda yang mungkin tertaut di menu utama Anda, dan biasanya merupakan salah satu layanan atau produk terpenting Anda.

Ketika membuat halaman ini, harus ada satu frase kata kunci yang kami targetkan – itulah kalimat yang, ketika dicari di Google, kami ingin halaman ini muncul dan diklik oleh pembaca blog potensial atau klien.

Agar halaman tersebut diberi peringkat yang bagus untuk frasa kata kunci tertentu, halaman tersebut perlu dioptimalkan untuk pencarian. Salah satu cara untuk menjadikannya sebagai halaman “SEO” adalah dengan mendapatkan “backlink” untuk halaman tersebut. Backlinks atau tautan balik adalah saat laman dan situs lain tertaut ke laman atau situs Anda. Google melihat dan melacak tautan tersebut dan menganggap bahwa itu adalah faktor utama dalam algoritme penelusuran.

Ini biasanya disebut sebagai “Link Juice”. Ketika situs saya terhubung ke halaman Anda, saya memberi Anda link juice. Dan semakin baik situs saya, semakin baik link juice yang dibagikan kepada Anda.

Yang tidak disadari banyak orang adalah halaman internal memiliki jumlah link juice yang terbatas juga. Meskipun tidak dihitung dengan sangat baik sebagai tautan eksternal, mereka masih dapat membantu Anda. Dan sistem ini benar-benar membantu memastikan bahwa tautan eksternal mengalir ke situs Anda juga.

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, tingkat paling atas didukung oleh tiga topik pendukung, dan setiap topik pendukung didukung oleh tiga posting atau halaman blog.

Disinilah keajaiban itu terjadi.

Saat Anda menulis salah satu dari blog post tersebut, Anda memastikan bahwa ada tautan di dalam posting yang sesuai dengan topik pendukung yang Anda tulis. Kemudian, ketika Anda membagikan blog post tersebut dan orang lain mulai menautkannya di media sosial atau direktori dan posting blog mereka sendiri, link juice mulai mengalir ke dalam blog post tersebut dan sampai ke topik pendukung. Dan karena setiap topik pendukung terhubung ke halaman tingkat atas, jus tautan mengalir ke puncak.

Ya memang sistem kerja algoritme dan pemeringkatan sebenarnya tidak sesederhana itu, tetapi intinya adalah bahwa sistem ini bekerja. Jika Anda mengikuti instruksi saya, hasilnya akan menjadi 13 buah konten berkualitas yang semuanya sangat dioptimalkan untuk pencarian.

Contoh Piramida Konten

Agar mudah dipahami, mari kita asumsikan bahwa kita menjalankan sebuah toko desain grafis, dan bahwa kita ingin berbicara tentang “WordPress Theme” dan peringkatnya. Itu menjadi Judul Halaman ini, dan konten Halaman tersebut harus berbicara tentang layanan yang kami sediakan, termasuk tiga aspek layanan yang akan kami sentuh di dalam Halaman (Topik). Dalam contoh kami, topik yang mendukung mungkin:

  1. Memilih WordPress Theme
  2. Mengkustom WordPress Theme
  3. Mengubah WordPress Themes

Masing-masing dari ketiga Topik ini kemudian mendapatkan Halamannya sendiri-sendiri, lalu menghubungkannya kembali ke Halaman WordPress Themes. Masing-masing Halaman ini harus memiliki setidaknya 750 kata panjangnya, dan memanfaatkan frase kata kunci yang ditargetkan.

Akhirnya, untuk masing-masing dari tiga Halaman Topik ini, kita akan (akhirnya) mempublikasikan tiga posting blog yang menyediakan informasi dan panduan khusus. Misalnya, “Cara Mem-Backup Situs WordPress Anda Sebelum Mengubah Tema” atau “Mengapa Desain Responsif itu Penting Bagi Tema WordPress”.

Sekarang, saya menyebutkan pada akhirnya karena penting untuk diingat bahwa tidak diharapkan bahwa semua konten ini akan dikembangkan dalam semalam. Bahkan, mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menulis, mengoptimalkan dan mempublikasikan berbagai posting blog dan halaman pada tingkat terendah.

Tapi seperti yang sebelumnya dikatakan, semuanya harus direncanakan sebelumnya. Dari halaman tingkat atas sampai ke posting blog individu, Anda perlu melakukan brainstorming dan memutuskan terlebih dahulu apa yang akan menjadi setiap topiknya.

Kami akan membahas teknik ini, dan strategi lain yang lebih canggih, secara terperinci dalam pola pikir blogger saat dipublikasikan.

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Menjadikan Blog Anda Bisa Menghasilkan Pendapatan

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.