Menjadi Pendonor Apheresis/Trombosit


Sudah beberapa saat saya tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi pendonor darah apheresis/trombosit di Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais. Ini karena dulu sahabat saya di SMA yang kebetulan juga satu kompleks di Bintaro Jaya semasa kecil dulu, Thomas Wahyu Kalaij bertanya pada saya apakah saya tidak tertarik untuk mendonorkan trombosit ketimbang donor darah biasa sewaktu ia tahu kalau saya cukup rutin mendonorkan darah saya di PMI Senayan City.

Ya secara refleks (yang saya yakin pasti juga akan ditanyakan kalian jika kalian tidak tahu) saya bertanya tentang perbedaan antara donor darah biasa dengan donor trombosit. Sekilas Thomas hanya menjelaskan bahwa bagi penderita kanker kebanyakan yang dibutuhkan justru bagian dari darah yang namanya trombosit itu. Selain itu Thomas juga bilang, jarak waktu donornya untuk trombosit ini lebih pendek, yaitu dua minggu dibandingkan jika donor darah biasa paling cepat ya 3 bulan baru bisa mendonor ulang.

Hari ini setelah saya buat janji dengan Bank Darah yang ada di Rumah Sakit Kanker Nasional Dharmais, saya berkesempatan  melakukan pemeriksaan darah agar bisa diketahui apakah saya bisa menjadi pendonor trombosit atau tidak. Prosesnya 6 jam sehingga akan diberitahu bahwa saya layak menjadi pendonor trombosit paling cepat ya besok.

Apa perbedaannya antara donor darah biasa dengan donor trombosit? Pertanyaan ini juga yang saya tanyakan pada Suster Beti (yang bertugas hari ini), Suster Beti menjelaskan bahwa darah kita itu terdiri dari 4 komponen, pada proses donor trombosit, ya trombositnya saja yang diambil (pada proses donor darah biasa, seluruh komponen diambil). Proses pemisahannya dilakukan oleh mesin khusus yang dinamakan dengan mesin apheresis. Si mesin akan mengambil darah lalu memilah-milah komponen darah dan mengembalikan komponen darah ketubuh kita yang selain trombosit. Oleh karena itu proses donor trombosit ini memakan waktu lebih lama ketimbang donor darah biasa (donor darah biasa dilakukan selama 10-15 menit, sedangkan donor apheresis/trombosit dilakukan rata-rata 1,5-2 jam).

Ok….lalu pasti banyak yang ingin tahu kenapa saya tertarik untuk menjadi pendonor apheresis/trombosit? Yang sudah kenal dengan saya sejak lama pasti tahu bahwa keluarga saya kehilangan Mama saya ditahun 1997 karena kanker. Alasan yang kedua, menjadi pendonor darah adalah cara yang paling mudah untuk bisa menolong orang lain dengan apa yang kita miliki. Dengan menjadi pendonor apheresis/trombosit opsi  membantu orang dengan darah yang kita miliki jadi bertambah banyak.

Selain itu mendonorkan darah kita itu juga bermanfaat bagi tubuh kita juga. Manfaatnya sebetulnya bisa dicari di internet sih, tapi ya ini salah satunya saya berikan linknya bagi yang ingin cepat dapat jawabannya 🙂

Secara resmi saya belum menjadi pendonor apheresis/trombosit karena harus menunggu kabar dari Suster Beti untuk hasil pengecekan darah saya. Updatenya menyusul ya.

UPDATE (2 Oktober 2018)

Hari ini saya sudah mendapatkan kabar dari Suster Beti bahwa cek darahnya berlangsung baik dan darah saya memenuhi syarat untuk menjadi donor trombosit.

Suster Beti bilang saya tinggal nunggu dipanggil saja jika ada kebutuhan trombosit AB, dikarenakan permintaan trombosit AB tidak sebanyak jenis yang lainnya 🙂

UPDATE (7 November 2018)

Saya kembali diminta untuk datang untuk mendonorkan trombosit saya. Kali ini saya berkesempatan untuk mengambil foto 🙂

Disebelah saya itu adalah mesin apheresis yang berfungsi untuk memisahkan trombosit

Cairan kental kuning tergantung diatas itulah trombosit yang terkumpul

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.