foto: pcmag

Sekitar 7 tahun yang lalu, Google meluncurkan jejaring sosial mereka yang namanya Google+, setelah sebelumnya beberapa percobaan dengan aplikasi pendahulunya yang namanya Google Buzz tidak berumur lama. Saat itu di dunia jejaring sosial, Facebook sedang jadi penguasanya, maka tidak heran jika secara otomatis kita semua menganggap Google ingin mencoba menyaingi dominasi Facebook di ranah jejaring sosial.

Pada tanggal 8 Oktober 2018, Senin yang lalu, Google mengumumkan rencana mereka untuk menutup Google+ seiring dengan ditemukannya bug yang mengancam privacy bagi pengguna mereka. Google menyebutkan dalam blog mereka “the consumer version of Google+ currently has low usage and engagement,” lalu juga mereka menyebutkan bahwa “90 percent of Google+ user sessions are less than five seconds.”

Google juga mengatakan akan menutup Google+ dalam waktu 10 bulan, dengan target kira-kira pada akhir Agustun 2019, dan menjelang datangnya waktu penutupan tersebut mereka juga akan memberikan informasi lebih lanjut termasuk cara-cara mengunduh serta memigrasikan data-data pengguna nantinya.

Good Bye Google+….!