Sekolah Lagi


Tidak terasa sudah setengah semester saya menjalani kuliah di program magister (S2) Desain Produk Universitas Trisakti. Saya lupa apakah sudah pernah cerita atau belum bahwa keputusan untuk menjalani kuliah lagi ini adalah langkah yang tertunda. 

Di tahun 1997 saya pernah berniat untuk melanjutkan ke S2. Pada saat itu saya sudah mendaftar dan diterima di University of New South Wales, Sydney, Australia, namun ada dua peristiwa besar yang membuat saya berpikir ulang dan akhirnya mengurungkan niatan saya tersebut. Pertama ibu saya yang saat itu sedang sakit meninggal dunia. Yang kedua dalam waktu yang bersamaan Indonesia mengalami krisis moneter sehingga biaya kuliah yang harus saya bayarkan membengkak tiga kali lipat. Dengan kondisi tersebut akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk mengambil S2 tersebut dan memfokuskan diri pada bekerja, bekerja dan bekerja.

Beberapa teman kuliah saya di S1 sudah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi. Pada beberapa kesempatan bertemu mereka selalu mengajak saya untuk ikut mengajar ditempat mereka (sebagai dosen). Tentu saja bisa ditebak bahwa hal tersebut tidak dimungkinkan karena memang sistem pendidikan kita memiliki persyaratan minimal harus mengantungi ijazah S2 untuk bisa menjadi dosen di perguruan tinggi.

Pada tahun ini (2018) kesempatan tersebut datang lagi. Kampus tempat saya menyelesaikan S1 saya juga memiliki program studi magister Desain Produk dan baru saja mendapatkan akreditas A dari BAN PT. Dan secara kebetulan juga saya sedang mendapatkan pekerjaan yang berkaitan dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Waktu yang tepat, serta dengan kesempatan yang tersedia akhirnya saya memutuskan untuk kuliah lagi di program magister (S2) di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti.

Jadi dengan demikian ada kemungkinan posting-posting yang akan saya buat di blog ini akan mulai ada topik- topik yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan topik-topik yang saya anggap menarik dalam masa perkuliahan saya.

Jangan kuatir tulisan saya tidak akan berubah jadi serius atau akademis kok. Dan seperti biasa diperbolehkan kok buat nanya kalau memang ada yang ingin ditanyakan.

Iklan

2 pemikiran pada “Sekolah Lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.