Kedewasaan Berinternet


Mungkin kalian semua pernah mengalami hal yang sama dengan apa yang saya alami, yaitu menerima berita-berita hoaks dari grup-grup percakapan keluarga apakah itu di WhatsApp atau BBM dijaman dulu, dan biasanya perputaran berita hoaks itu didominasi oleh para orang tua dalam keluarga. Bayangkan, mulai dari urusan vaksin yang haram sampai menggosipi calon presiden yang dibilang PKI.

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah akademisi New York University dan Pincenton University telah membuktikan stereotipe generasi usia ini sebagai golongan yang sangat rentan terhadap hoaks. Laporannya bisa diikuti di artikel ini,

Pertanyaannya apakah benar demikian? Lalu apakah hal tersebut juga di negara kita? Kalian mungkin boleh berpendapat lain, namun saya punya pendapat bahwa yang namanya nubie (pengguna awal) akan selalu melewati masa-masa dimana mereka seperti spons, menyerap semua tanpa filter dan membagikan semua juga tanpa filter. Dan perilaku ini tidak ada urusannya dengan usia. Saya pernah melewati masa-masa tersebut saat saya baru saja menggunakan internet, dan ketika seseorang percaya terhadap hoaks lalu menyebarkannya kemana-mana artinya tahapan penggunaan internet mereka adalah masih dalam tatanan kulit. Nah seperti kita ketahui banyak juga orang-orang yang baru mulai masuk dan menggunakan internet dengan umur yang tidak muda lagi.

Ok….intinya, banyak yang kaget mengetahui kenyataan orang tua lebih mudah jadi penyebar hoaks. Namun ini memang bukan urusan umur, tapi kedewasaan menggunakan internet yang membuat hal ini terjadi.

Kira-kira begitu…:-) Gimana menurut kalian?

Iklan

Satu pemikiran pada “Kedewasaan Berinternet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.