BizDev is Not Sales


iStock_tadamichi_business development strategy

Saya sebetulnya yakin bahwa bidang pekerjaan yang namanya business development itu pasti tidak sama dengan bidang sales. Dari terjemahannya saja sudah berbeda, business development (bizdev) itu terjemahannya pengembangan bisnis sedangkan sales itu terjemahannya  jadi penjualan. Namun selalu saja jika ada lowongan pekerjaan yang bertajuk business development, mau  manager maupun director selalu saja persyaratan utamanya punya sales track record yang bagus. Wajar dong ya jika saya (dan mungkin banyak juga teman-teman lain) jadi beranggapan bahwa bizdev tersebut sebetulnya istilah keren dari sales. Apakah benar? Ya benar-benar salah!

Banyak organisasi yang memiliki tim bizdev. Pekerjaan dari tim bizdev ini bukan marketing dan tidak juga sales namun mereka lebih bertanggung jawab pada deal-deal baru, partnership, serta ide-ide transformatif. Seth Godin dalam bukunya yang berjudul Poke The Box menyebutkan bahwa tim bizdev lah yang menemukan mainan-mainan baru untuk Kid’s Meal nya McDonald atau cara baru penggunaan rak di Starbuck.

Tim bizdev itu sebetulnya tidak punya agenda yang fix, dan tidak punya cara mudah untuk menentukan apa yang harus dijalankan selanjutnya. Tim bizdev ini yang seharusnya memiliki kuasa untuk memulai semuanya.

Hampir semua organisasi membutuhkan kemampuan tersebut, namun sedikit yang benar-benar memilikinya yang saya curiga sebagian besar disebabkan karena pengertian yang dipahami dari bizdev ini yang masih campur aduk dengan marketing dan sales dan bahkan mungkin dengan fungsi-fungsi lainnya.

Dengan kondisi tersebut, tim bizdev jadi sibuk untuk deal closing yang artinya penjualan sehingga terlalu sibuk untuk berinovasi untuk menciptakan bisnis baru akrena dibebani target-target penjualan seolah-olah mereka yang bertanggung jawab terhadap hasil penjualan di sebuah pasar yang ditentukan oleh perusahaan.

Apakah seperti itu pengertian bizdev bagi kalian?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.