UKM going digital: Pelanggan sudah ada di sana, saatnya bergabung dengan mereka


Kita hidup di dunia yang berkembang dengan cepat.Kemajuan teknologi dan perangkat digital, serta munculnya perangkat berbasis mobile dan media sosial telah sepenuhnya mengubah cara orang untuk menjalani kehidupan mereka. Teknologi telah mempengaruhi orang-orang dalam semua aspek kehidupan mereka seperti pada komunikasi, informasi, belanja, perbankan, hampir semua! Dunia telah menjadi tempat yang jauh lebih kecil dan lebih mudah diakses.

Evolusi yang terjadi juga telah mengubah sifat para pelanggan. Pelanggan saat ini sangat aktif di saluran digital, menunjukkan perilaku yang berbeda dan berinteraksi dengan brand secara berbeda pula. Mereka dimanja oleh pilihan, memiliki tuntutan yang lebih tinggi dan memiliki toleransi yang sangat rendah untuk pengalaman buruk. Mereka meneliti sepanjang proses pembelian mereka dan mereka mencari produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Sementara banyak bisnis besar telah merangkul tren ini dan membuat lompatan untuk menjadi digital, hal yang sama belum berlaku untuk bisnis kecil. Sebagian besar UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia masih offline (belum memanfaatkan teknologi online) dan untuk UKM, transformasi pelanggan ke digital ini mewakili baik ancaman maupun peluang. Menjadi online bukan lagi pilihan, dan bisnis kecil yang masih offline mungkin sudah mulai ketinggalan jaman. Ini adalah tentang tempat dimana pelanggan dan peluang bisnis Anda berada.

Membuat internet bekerja untuk Anda

Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, sangat penting bagi bisnis kecil yang Anda jalankan untuk memiliki kehadiran yang kuat di internet. Ketika Anda tidak online, Anda berada dalam bisnis dan hanya dapat diakses untuk waktu yang terbatas setiap hari, dan untuk sekelompok pelanggan yang juga terbatas. Ketika Anda tidak online, membangun brand Anda, menjalankan kampanye pemasaran dan menemukan pelanggan baru bisa dilakukan hanya dengan biaya yang besar.

Ini lah saatnya bisnis Anda hadir di dunia online. Dengan membangun situs web untuk bisnis Anda, maka bisnis yang Anda jalankan akan selalu dapat diakses oleh pelanggan potensial yang sedang mencari informasi, produk, dan layanan yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu dengan memiliki situs web bagi bisnis Anda akan dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan sebagai bisnis yang terpercaya. Anda dapat memanfaatkan saluran media sosial untuk membantu mempromosikan dan menjalankan kampanye pemasaran agar dapat menarik pelanggan potensial langsung dari tempat-tempat di mana mereka aktif, seperti di situs web yang mereka kunjungi dan aplikasi yang mereka gunakan setiap hari. Anda dapat membuat internet bekerja untuk Anda, sementara Anda dapat fokus pada bisnis Anda dan pertumbuhannya.

Memperluas ke cakrawala baru

Saluran digital memungkinkan Anda untuk memperluas ke wilayah baru dan memberikan layanan dan produk Anda ke lebih banyak pelanggan. Di Indonesia, bisa dilihat pertumbuhan besar dalam adopsi digital pada pasar menengah dan bawah, di mana para konsumen belum pernah terpapar sebelumnya ke tingkat layanan dan produk yang sama seperti rekan-rekan mereka dari pasar atas. Ini adalah peluang besar bagi usaha kecil untuk melayani segmen pelanggan yang baru berkembang.

Seorang desainer lepasan sekarang dapat dengan mudah mendirikan toko online dan menjual produk-produk buatannya kepada pelanggan di seluruh negeri. Perusahaan penjual jasa dalam negeri dapat memperoleh kesempatan berbisnis dan memberikan layanan kepada klien yang ada di Amerika Serikat. Dengan bantuan digital, Anda tidak lagi dibatasi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Memberikan pengalaman yang lebih baik

Pengalaman yang baik untuk pelanggan adalah dengan memberikan pelanggan Anda apa yang mereka inginkan, tepat pada saat mereka menginginkannya. Seorang wanita pengusaha berusia pertengahan 30-an dan seorang mahasiswa di perguruan tinggi memiliki kepribadian, kebutuhan, dan motif pembelian yang sangat berbeda.

Pelanggan Anda ingin merasa spesial. Sebagian besar konsumen mengatakan bahwa mereka cenderung berbelanja pada penjual yang memberikan pengalaman lintas saluran yang terkoneksi satu sama lain serta dapat dipersonalisasi. Teknologi digital memungkinkan Anda untuk memahami pelanggan, perilaku online mereka, interaksi pada masa lalu, dan preferensi mereka dengan lebih baik. Hal ini dapat memungkinkan UKM untuk dapat memberikan pengalaman yang relevan dan personal untuk setiap pelanggan. Selalu pikirkan tentang hasil yang diinginkan oleh pelanggan Anda.

Pada saat yang sama, ketika pelanggan menghadapi masalah atau kecewa dengan layanan Anda, saluran digital dapat memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan mereka sampai pada tingkatan memahami keluhan mereka dan menyelesaikannya secepat mungkin untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta  mempertahankan sentimen positif untuk bisnis Anda.

Membuat pembelian menjadi mudah

Pasar perdagangan digital di Indonesia diperkirakan akan melampaui $ 65 miliar pada akhir 2020. Peningkatan penetrasi internet, platform m-commerce dan e-commerce, dompet pembayaran digital dan opsi pembayaran digital telah mendorong lebih banyak pelanggan untuk menggunakan metode pembayaran digital. Pelanggan sekarang lebih suka dengan proses pembelian yang mudah, langsung melakukan pembayaran setelah memilih apa yang ingin mereka beli. Inilah yang dapat diaktifkan oleh keberadaan internet, dengan membuat seluruh proses perjalanan pelanggan menjadi lebih mudah. Pada saat yang sama, Anda dapat melacak penjualan dan keuangan UKM Anda dengan lebih efektif, karena Anda dapat memanfaatkan berbagai alat dan teknologi untuk melakukan semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk Anda dengan data yang tersedia dan membantu Anda merencanakan pertumbuhan bisnis Anda secara strategis.

Tiba saatnya Anda mulai memanfaatkan digital untuk UKM Anda, ini bukan permasalahan “jika”, tetapi “kapan”. Pelanggan Anda sudah ada di sana dan sudah waktunya Anda bergabung dengan mereka.

Foto: South China Morning Post

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.