Bank DBS Indonesia Bangun Ekosistem yang Mendukung Perkembangan UKM


Banyak hal menarik yang dapat diangkat jika kita membicarakan topik-topik yang berkaitan dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bagaimana kisah mereka memulai bisnis, lalu bagaimana cara mereka bertahan, dan juga bagaimana kiat-kiat mereka untuk mengembangkan diri (scale-up) saat bisnis mereka maju.

UKM biasanya dijalankan dengan segala keterbatasan yang ada. Walaupun tentunya setiap usaha selalu memiliki tujuan utama agar bisa menghasilkan keuntungan namun pada masa-masa awal dijalankan upaya untuk memperkecil pengeluaran dan bisnisnya tetap bisa jalan membuat pemilik UKM harus berhemat. Oleh karena itu, dengan jumlah sumber daya yang minimum diharapkan harus bisa menjalankan lebih dari satu fungsi dalam bisnis.

Lalu bagaimana jika bisnis yang dijalankan UKM tersebut berkembang dengan baik, biasanya jumlah pekerjaannya juga jadi meningkat. Tantangannya jadi ikutan nambah deh. Jugglingnya jadi makin banyak.

Tanggal 6 Maret 2019 yang lalu saya diundang oleh Bank DBS Indonesia yang sedang memperkenalkan kerja sama mereka dengan Accurate Online, sebuah perangkat lunak akuntansi. Pada acara ini pula saya baru tahu bahwa Bank DBS Indonesia ini memang berkomitmen untuk membangun ekosistem yang mendukung perkembangan UKM di Indonesia. Ya salah satunya kerjasama dengan Accurate Online ini yang memang ditujukan untuk membantu para pemilik UKM agar dapat mengefisiensikan kinerja mereka dalam hal pembukuan dan urusan akuntansi di UKM mereka.

Baik, lalu seperti apa sih kerjasama antara Bank DBS Indonesia dengan Accurate Online pada prakteknya? Jadi begini, setelah UKM menghubungkan akun korporat Bank DBS Indonesia dengan Accurate Online, maka setiap transaksi bisnis yang dilakukan oleh UKM dalam akun korporat Bank DBS Indonesia akan secara otomatis masuk dan tercatat dalam Accurate Online. Semuanya bisa berjalan dengan sangat mudah tanpa memerlukan formulir kertas apapun, UKM hanya perlu sekali mengotorisasi koneksi melalui internet banking IDEAL dan transaksi bank dari DBS akan langsung masuk tercatat ke Accurate Online setiap hari. Salah satu fitur yang akan sangat membantu UKM adalah “​Smart Reconciliation“​ dimana fitur ini akan mencocokkan data rekening koran dengan entri akuntansi secara otomatis, sehingga dapat menghemat berjam-jam waktu pengguna dalam melakukan rekonsiliasi bank. Dengan inovasi inilah maka UKM dapat menghilangkan tugas manual mengimpor transaksi bank dan rekonsiliasi.

Bapak Rudy Tandjung, Direktur PT. Bank DBS Indonesia

Bapak Rudy Tandjung, selaku Director PT Bank DBS Indonesia menjelaskan, “Sebagai “World’s Best Bank for SME” oleh Euromoney, kami ingin menjadi solusi perbankan untuk UKM di Indonesia dengan menyediakan berbagai fasilitas dan wawasan yang dapat membantu UKM membuat keputusan dalam bisnis mereka.”

Pak Rudy juga menyebutkan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari implementasi misi mereka ​”Live more, Bank less” yang memungkinkan nasabah menikmati hidup sepenuhnya tanpa harus disulitkan dengan urusan administratif perbankan.

“Mereka juga menemukan bahwa banyak UKM dan ​start-up yang menggunakan Excel atau kertas fisik untuk pembukuan. Mengingat sifat tugas tersebut yang membosankan, UKM cenderung melakukan rekonsiliasi hanya sebulan sekali, sehingga pandangan yang dimiliki tentang arus kas mereka ketinggalan zaman. Karena itu, diperlukan ekosistem untuk mendukung pertumbuhan dan mendorong inovasi UKM di Indonesia,” tambah Pak Rudy.

Bapak Darwin Tjoe sedang menjawab pertanyaan

Sementara itu pak Darwin Tjoe, founder dari Accurate Online menambahkan, ​UKM akan dapat dengan mudah melakukan dan mengawasi pembukuan keuangan bisnis mereka dengan menggunakan akun korporat DBS y​ang terhubung dengan Accurate Online​. Nasabah Bank DBS Indonesia dan Accurate Online juga dapat memperoleh manfaat dari penghematan biaya.

Manfaat lain yang diberikan dari kolaborasi Bank DBS Indonesia dan Accurate Online adalah UKM yang mendaftar online menjadi nasabah baru di Bank DBS Indonesia untuk akun korporat DBS pada atau sebelum 30 Juni 2019 dapat menikmati transaksi SKN tanpa batas hingga 31 Maret 2020 di atas keuntungan lain yang diperoleh seperti saldo minimum senilai Rp500.000, gratis internet banking dan mobile banking, serta nol biaya bulanan. Selain itu, pengguna baru Accurate Online dapat menikmati uji coba satu bulan gratis, diikuti dengan berlangganan gratis selama tiga bulan jika UKM menghubungkan akun korporasi DBS mereka dengan Accurate Online selama masa coba gratis satu bulan tersebut.

Sebagai bagian dari mengembangkan ekosistem UKM, Bank DBS Indonesia juga berkolaborasi dengan aspek lain dari pilar bisnis UKM seperti UnionSPACE, salah satu perusahaan co-working space terbesar di Asia Tenggara, dan juga Alibaba Cloud untuk memberikan pendidikan tentang komputasi ​cloud​. Kedua partner dari Bank DBS Indonesia ini akan memanfaatkan inisiatif regional DBS, yaitu DBS SME Academy untuk menggelar serangkaian seminar yang dapat membantu meningkatkan keterampilan UKM di berbagai bidang pengetahuan dasar bisnis. Tujuan akhirnya adalah untuk memenuhi kebutuhan UKM dan membantu mereka dalam bidang yang dapat mempercepat pertumbuhan UKM di Indonesia.

Albert Goh, CEO UnionSPACE

“Kami berkomitmen untuk ikut serta membangun ekosistem bagi pertumbuhan UKM di Indonesia, seperti yang telah kami lakukan di negara-negara lain. Dengan menyediakan solusi ruang kerja yang efisien serta program akselerasi yang didukung oleh partner bisnis dan institusi terpilih seperti DBS, UnionSPACE dapat mendukung membernya agar dapat tumbuh dan berkembang secara internasional,” ungkap Albert Goh, CEO UnionSPACE​.

Selain mengikuti jalannya acara peluncuran kerjasama dengan dua partner Bank DBS Indonesia (Accurate Online dan UnionSPACE) saya juga berkesempatan untuk mewawancarai bapak Rudy Tandjung selaku Director, PT Bank DBS Indonesia yang rekaman podcastnya bisa Anda dengarkan di bawah ini:

*Podcast ini dapat juga didengarkan di Anchor ataupun Spotify

Kita semua tahu bahwa perkembangan teknologi pada era digital telah memberikan dampak besar pada bisnis di berbagai bidang, tidak terkecuali bagi UKM dan ​start-up. Saya melihat bahwa Bank DBS Indonesia dengan memanfaatkan teknologi untuk membentuk masa depan perbankan menyajikan manfaat yang dapat diberikan pada masyarakat untuk dapat menikmati hidup dengan maksimal. Ini cukup sejalan dengan misi mereka “Live more, Bank less“. Dan komitmen mereka dalam membangun ekosistem untuk UKM mereka jadikan pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UKM dan start-up di Indonesia.

Oh iya, sebelum lupa jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang apa saja yang ditawarkan oleh Bank DBS Indonesia berkaitan dengan UKM ataupun yang lainnya, Anda bisa menggalinya lebih dalam di www.dbs.com

Akhir kata, dengan dipelopori oleh Bank DBS Indonesia dan juga partner-partner mereka saya berharap UKM di Indonesia bisa jadi semakin berkembang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.