Hal-hal yang Dilakukan Oleh Orang-Orang yang Sukses Setiap Hari


Bagaimana seseorang bisa sangat sukses? Apa sebenarnya yang mereka lakukan? Ini mungkin pertanyaan hampir semua orang. Dari hasil jalan-jalan di dunia maya saya menemukan sebuah artikel menarik yang dibuat oleh Dr. Travis Bradberry, salah satu penulis buku yang populer, Emotional Intelligence 2.0, dan juga cofounder dari TalentSmart. Mari kita ikuti apa yang Dr. Travis sampaikan pada artikel yang ia buat.

Anda mungkin bukan wirausaha, atlet Olimpiade, atau milyuner (atau bahkan mungkin Anda tidak ingin menjadi salah satunya), tetapi rahasia mereka mungkin bisa membantu Anda menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat dan membantu Anda berhenti merasa kewalahan karena terlalu banyak bekerja.

Memiliki akses yang dekat ke orang-orang yang sangat sukses dapat menghasilkan beberapa informasi yang luar biasa tentang siapa mereka sebenarnya, apa yang membuat mereka tergerak, dan, yang paling penting, apa yang membuat mereka begitu sukses dan produktif.

Kevin Kruse adalah salah satunya. Dia baru-baru ini mewawancarai lebih dari 200 orang yang sangat sukses, termasuk 7 milyuner, 13 atlet Olimpiade, dan sejumlah pengusaha ulung. Salah satu sumber informasinya yang terbanyak ia dapatkan berasal dari jawaban mereka terhadap pertanyaan terbuka yang sederhana ini: “Apa rahasia nomor satu Anda terhadap produktivitas?”

Dalam menganalisis respons mereka, Kruse meramu jawaban untuk menghasilkan beberapa saran yang menarik. Berikut ini adalah beberapa temuan Kevin yang menjadi favorit Dr. Travis.

Mereka fokus pada satuan menit, bukan jam. Sebagian besar orang menggunakan satuan jam dan setengah jam di kalender mereka; orang yang sangat sukses tahu bahwa ada 1.440 menit setiap hari dan tidak ada yang lebih berharga daripada waktu. Uang bisa hilang dan dibuat lagi, tetapi waktu yang dihabiskan tidak pernah bisa didapatkan kembali. Seperti yang dikatakan oleh pesenam Olimpiade legendaris Shannon Miller kepada Kevin, “Sampai hari ini, saya menyimpan jadwal yang hampir menit demi menit.” Anda harus bisa menguasai waktu Anda dalam satuan menit untuk bisa menguasai hidup Anda.

Mereka fokus hanya pada satu hal. Orang yang sangat produktif tahu apa “Tugas Paling Penting” mereka dan mengerjakannya selama satu hingga dua jam setiap pagi, tanpa gangguan. Tugas apa yang akan memiliki dampak terbesar dalam mencapai tujuan Anda? Prestasi apa yang akan membuat Anda dipromosikan di tempat kerja? Itulah yang harus Anda dedikasikan pada setiap pagi, setiap hari.

Mereka tidak menggunakan daftar tugas (to-do list). Buang to-do list Anda; alih-alih jadwalkan semua yang ada di kalender Anda. Ternyata hanya 41% dari hal pada to-do list yang pernah diselesaikan. Semua item yang tidak diselesaikan menyebabkan stres dan susah tidur karena efek Zeigarnik, yang pada dasarnya berarti bahwa tugas yang belum selesai akan tetap ada di pikiran Anda sampai Anda menyelesaikannya. Orang-orang yang sangat produktif meletakkan segala sesuatu di kalender mereka dan kemudian bekerja dan hidup dengan kalender itu.

Mereka mengalahkan penundaan dengan perjalanan waktu. Diri Anda di masa depan itu tidak dapat dipercaya. Itu karena kita tidak bisa konsisten terhadap waktu. Kami membeli sayuran hari ini karena kami pikir kami akan makan salad sehat sepanjang minggu; dan lalu kita akhirnya membuang sayur busuk tersebut (karena tidak sempat memakannya). Orang-orang sukses mencari tahu apa yang dapat mereka lakukan sekarang untuk memastikan bahwa pada masa depan mereka akan melakukan hal yang benar. Antisipasi bagaimana Anda akan melakukan sabotase diri di masa depan, dan menghasilkan solusi hari ini untuk mengalahkan diri Anda di masa depan.

Mereka pulang untuk makan malam. Kevin pertama kali mempelajari hal ini dari Andy Grove (Intel), yang mengatakan, “Selalu ada lebih banyak yang harus dilakukan, selalu lebih dari yang bisa dilakukan.” Orang-orang yang sangat sukses tahu apa yang mereka hargai dalam hidup. Yak betul, bekerja, tetapi juga apa lagi yang mereka hargai. Tidak ada jawaban yang benar, tetapi bagi banyak orang, nilai-nilai lain ini termasuk waktu keluarga, olahraga, dan aktivitas sosial (giving back). Mereka secara sadar mengalokasikan 1,440 menit sehari untuk setiap area yang mereka hargai (yaitu, mereka menempatkannya di kalender mereka), dan kemudian mereka berpegang pada jadwal itu.

Mereka menggunakan buku catatan. Richard Branson mengatakan pada lebih dari satu kesempatan bahwa dia tidak akan mampu membangun Virgin tanpa buku catatan sederhana, yang dia bawa ke mana pun dia pergi. Dalam satu wawancara, Aristoteles Onassis, seorang konglomerat perkapalan berkata, “Selalu bawa buku catatan. Tulis semuanya. Itu pelajaran jutaan dolar yang tidak mereka ajarkan di sekolah bisnis!” Orang-orang yang sangat produktif membebaskan pikiran mereka dengan menuliskan semuanya ketika ide dan pemikiran muncul di kepala mereka.

Mereka memproses e-mail hanya beberapa kali dalam sehari. Orang yang sangat produktif tidak “memeriksa” email mereka sepanjang hari. Mereka tidak menanggapi setiap notifikasi atau untuk melihat email siapa yang telah masuk ke mailbox mereka. Sebaliknya, seperti pada hal lainnya, mereka menjadwalkan waktu untuk memproses e-mail mereka dengan cepat dan efisien. Untuk beberapa orang, hal tersebut dilakukan hanya sekali sehari; dan yang lainnya, mereka lakukan pagi, siang, dan malam.

Mereka menghindari rapat dengan segala cara. Ketika Kevin meminta Mark Cuban untuk memberikan saran produktivitas terbaiknya, dia dengan cepat menjawab, “Jangan pernah ikut rapat kecuali ada orang yang menulis cek.” Rapat adalah pembunuh waktu yang terkenal kejam. Mereka mulai terlambat, selalu saja ada orang yang salah di dalamnya, ngalor-ngidul sebelum masuk ke topik yang hendak didiskusikan, dan berjalan lama. Anda harus keluar dari rapat kapan pun Anda bisa dan jaga supaya jumlahnya tidak banyak. Jika Anda menjalankan rapat, pertahankan dengan singkat dan langsung pada intinya.

Mereka mengatakan “tidak” untuk hampir semua hal. Milyuner Warren Buffet pernah berkata, “Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang-orang yang sangat sukses adalah bahwa orang-orang yang sangat sukses mengatakan ‘tidak’ untuk hampir semua hal.” Dan James Altucher dengan penuh warna memberi Kevin tip ini:“Jika sesuatu tidak ‘Hell Yeah!’ maka jawabannya adalah tidak.” Ingat, Anda hanya memiliki 1.440 menit dalam sehari. Jangan melewatkannya dengan mudah.

Mereka mengikuti aturan 80/20. Dikenal sebagai Prinsip Pareto, dalam banyak kasus, 80% hasil berasal dari hanya 20% kegiatan. Orang yang sangat produktif tahu kegiatan apa yang mendorong hasil terbaik. Fokus pada hal-hal itu dan abaikan sisanya.

Mereka mendelegasikan hampir semuanya. Orang-orang yang sangat produktif tidak bertanya, “Bagaimana saya bisa melakukan pekerjaan ini?” Sebaliknya, mereka bertanya, “Bagaimana pekerjaan ini bisa dilakukan?” Mereka mengeluarkan kata ‘saya’ sebanyak mungkin dari pekerjaan tersebut. Orang yang sangat produktif tidak memiliki masalah kontrol, dan mereka bukan manajer yang mengurusi masalah-masalah mikro (micro-managers). Dalam banyak kasus, cukup baik, artinya ya cukup baik.

Mereka mengurus sesuatu hanya sekali. Berapa kali Anda membuka selembar surat biasa, seperti mungkin tagihan? Dan kemudian meletakkannya, hanya untuk menghadapinya lagi nanti? Seberapa sering Anda membaca email dan kemudian menutupnya dan meninggalkannya di kotak masuk untuk berurusan nanti? Orang-orang yang sangat sukses mencoba untuk “mengurusnya sekali.” Jika dibutuhkan kurang dari lima atau sepuluh menit — apa pun itu — mereka menghadapinya saat itu juga. Ini mengurangi stres karena tidak akan ada di benak mereka, dan itu lebih efisien, karena mereka tidak akan harus membaca ulang atau mengevaluasi kembali hal tersebut.

Mereka mempraktikkan rutinitas pagi yang konsisten. Satu-satunya kejutan terbesar Kevin ketika mewawancarai lebih dari 200 orang yang sangat sukses adalah berapa banyak dari mereka yang ingin berbagi ritual pagi dengannya. Sementara dia mendengar tentang berbagai macam kebiasaan, sebagian besar memelihara tubuh mereka di pagi hari dengan air, sarapan yang sehat, dan olahraga ringan, dan mereka memelihara pikiran mereka dengan meditasi atau doa, membaca inspirasional, atau membuat jurnal.

Energi adalah segalanya. Anda tidak dapat menambah jumlah menit dalam sehari, tetapi Anda dapat meningkatkan energi Anda untuk meningkatkan perhatian, fokus, dan produktivitas Anda. Orang-orang yang sangat sukses tidak melewatkan waktu makan, tidur, atau istirahat untuk mengejar segalanya jadi lebih banyak. Sebagai gantinya, mereka melihat makanan sebagai bahan bakar, tidur sebagai pemulihan, dan istirahat sebagai peluang untuk mengisi ulang energi agar lebih banyak dilakukan.

Apa yang Anda lakukan untuk tetap produktif? Silakan bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini, karena saya akan dapat belajar banyak dari Anda seperti kita semua belajar dari tulisan ini.

Versi podcast dari blog ini bisa didengarkan di sini:

Foto: Matthew Peyton/Getty Images Entertainment

 

Iklan

2 pemikiran pada “Hal-hal yang Dilakukan Oleh Orang-Orang yang Sukses Setiap Hari

  1. ternyata orang orang sukses punya kebiasaan dan aktivitas rutin yang mantap ya kak, harus belajar banyak nih saya agar bisa mengikuti jejak mereka, makasih ya sudah berbagi 🙂

    ijin follow yak untuk update post terbaru di blog sobat, semoga berkenan menjalin perteman dengan saya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.