Mengapa Setiap Bisnis Membutuhkan Situs Web?


 

Bisnis apa pun yang menginginkan pelanggan atau klien baru pasti membutuhkan situs web. Hampir semua pelanggan Anda akan menggunakan internet untuk mencari bisnis yang mereka butuhkan sebelum mereka mencoba di media yang lain.

Jika seseorang baru mengenal suatu daerah dan ingin mencari kedai kopi, dokter gigi, dokter, tempat penitipan barang, atau mekanik, apa yang mereka lakukan? Mereka pasti akan mencarinya secara online. Pencarian tersebut memakan waktu sangat pendek sehingga bisnis terkait harus siap untuk segera lebih terlihat, serta menangkap perhatian calon pelanggan potensial di saat-saat singkat yang mereka miliki.

Pelanggan potensial yang membolak-balik hasil yang disajikan oleh Google mungkin mengabaikan dua bisnis pertama karena tidak memiliki situs web untuk dilihat sama sekali. Mereka membuka situs web bisnis ketiga ketika mengetahui bahwa situs web mereka tidak berfungsi dengan baik di ponsel, mereka akan beralih ke nomor empat.Begitu kejadiannya, tiga bisnis yang paling dekat dengan pelanggan telah tereliminir karena kurang bermanfaat, kurang diupdate dan kurang ramahnya situs web mereka.

Situs web untuk keperluan bisnis apa pun harus terlihat profesional dan praktis.Harus mengandung informasi yang tepat untuk meyakinkan calon pelanggan potensial untuk melakukan pemesanan, menghubungi, atau datang berkunjung. Situs web bisnis tersebut harus konsisten dengan semua pesan komersil Anda, elevator pitch Anda, dan apa yang tertera pada brosur Anda. Situs web Anda harus bisa mengarahkan lalu lintas ke bisnis Anda, bahkan jika Anda tidak menjual apa pun secara online.

Situs web Anda harus bisa meyakinkan orang bahwa bisnis yang Anda jalankan memiliki jawaban untuk masalah yang mereka coba selesaikan.

Lebih dari hanya sekedar berguna, situs web adalah titik kebanggaan bagi sebuah bisnis. Keadaan desain sebuah situs web, kemudahan dalam penggunaan pada perangkat mobile, kecepatan pemuatan (loading), dan keakuratan informasinya mungkin tidak menjadi masalah bagi pemilik bisnis, atau karyawan biasa, tetapi ini jelas penting bagi pelanggan.

Terlepas dari situasi Anda, Anda memerlukan penanda virtual dan informasi online ini. Terlepas dari apakah seluruh bisnis Anda dilakukan di Internet sebagai startup perangkat lunak, atau restoran tradisional Anda yang melayani pelanggan lokal dari lokasi pedesaan yang terkenal dan Anda tidak memiliki layanan online sama sekali. Apa pun itu, Anda masih mendapat manfaat dari lalu lintas dan reputasi baik yang dapat diperoleh bisnis Anda dari situs web yang dikelola dengan benar.

Pengembalian Investasi (ROI) yang Baik

Dalam banyak kasus, membangun situs web yang bagus adalah pilihan yang sangat mudah. Lihatlah contoh-contoh di bawah ini untuk dapat lebih memahaminya.

Studi Kasus # 1

Anda memiliki bisnis bengkel di satu tempat. Anda telah berinvestasi untuk membuat situs web informasi sebesar $ 2.000. Situs web ini akan menjadi situs web brosur yang responsif, termasuk informasi tentang layanan, testimonial, detail kontak, dan banyak gambar. Tapi Anda menolaknya karena alasan harga, jika diperhitungkan, Anda tidak berada dalam bisnis dengan margin tinggi, dan Anda tidak punya banyak uang untuk cadangan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pengembalian investasi.

Jika diperhitungkan dengan seksama, biaya perawatan tahunan pada 3 tahun yang lalu untuk satu kendaraan adalah sekitar 10 juta Rupiah. Itu berarti bahwa setiap pelanggan yang masuk lewat situs web Anda dapat memberi Anda 10 juta Rupiah, rata-rata pendapatan per tahun.

Jika situs web menghasilkan tiga klien baru di tahun pertama, maka biaya situs web tersebut sudah dapat tertutup. Konversi satu pengunjung per tahun setelah itu, dan Anda dapat menutupi biaya pemeliharaan dan hosting yang sedang berlangsung. Konversi lain apa pun setelah itu adalah laba murni!

Mungkin tidak semua pendapatan itu adalah untung. Bagaimanapun, ada biaya untuk menyediakan layanan di luar dari situs web Anda. Tetapi banyak keluarga yang memiliki beberapa kendaraan, sehingga Anda dapat melipatgandakan pendapatan tersebut setiap kali Anda mengonversi satu buah rumah tangga.

Dengan mempertimbangkan data tersebut, saya tidak melihat ada alasan yang cukup baik untuk Anda untuk tidak menginginkan situs web?

Studi Kasus # 2

Masih belum yakin? Mari kita lihat jenis bisnis menarik yang – tempat penyewaan venue untuk pernikahan. Bisnis ini adalah bisnis yang sudah pasti membutuhkan situs web. Pasangan yang sedang merencanakan pernikahan mereka pasti akan menjelajahi internet untuk mencari foto-foto venue, sebanyak-banyaknya yang dapat mereka temukan, dari berbagai lokasi, sebelum mereka bisa mengunjunginya secara langsung. Tanpa situs web dengan visual yang bagus, venue Anda tidak akan pernah masuk dalam daftar mereka!

Pengeluaran rata-rata di tempat pernikahan, menurut WeddingStats adalah $ 1.993. Jika situs web ini juga menelan biaya 10 juta Rupiah, satu atau dua pelanggan yang diarahkan ke situs web Anda akan membayarkannya dalam bentuk pendapatan.

Dan kemudian setelah itu pelanggan yang masuk hanya akan menghasilkan keuntungan yang akan dipotong sedikit untuk perawatan tahunan bagi situs web Anda.

Tentu saja, contoh-contoh di atas ini bahkan tidak menyentuh bisnis yang menggunakan situs web sebagai platform penjualan. Dalam kasus seperti itu, bahkan lebih mudah untuk menjustifikasi pengeluaran untuk pengembangan web dan layanannya. Penjualan lewat situs web Anda secara langsung akan dipengaruhi oleh kualitas pengalaman pelanggan online, dan yang secara langsung berarti pendapatan atau kerugian.

Akhirnya, pertimbangkanlah bisnis yang tidak membutuhkan pelanggan baru. Percaya atau tidak, kadang-kadang kondisi bisnis yang seperti ini juga ada. Mengambil tempat pernikahan misalnya. Mungkin tersebut selalu sudah dipesan enam bulan sebelumnya, sehingga si pebisnis tidak perlu lagi mengharapkan masuknya pelanggan baru. Walaupun itu yang terjadi, jika pemesanan sebelumnya telah dilakukan dengan baik, hal ini membuatnya dapat menghasilkan lebih banyak pemasukkan, tempat-tempat dengan permintaan tinggi (high in demand) pantas mendapatkan tarif yang lebih tinggi. Pada saat yang sama, hal tersebut juga meningkatkan daya saing, dan agar orang dapat mempertimbangkan tempat yang lebih mahal ini, mereka perlu diyakinkan sebelum mereka meminta informasi lebih lanjut.

Ok, lalu apa yang dibutuhkan sebuah Bisnis di website mereka?

Nama Domain

Nama domain dibeli dari layanan pendaftaran nama domain (Seperti GoDaddy, NameCheap, atau Hover) seharga $ 10-60 per tahun. Nama domain Anda adalah alamat yang akan diketik pengguna untuk mencapai situs web Anda.

Pengembangan Situs Web

Anda perlu membangun situs web Anda! Biasanya, Anda akan membutuhkan situs web Anda dibangun di atas sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System – CMS) – platform yang memungkinkan Anda membuat pembaruan kontent pada situs Anda kapan pun Anda mau. Tahap ini biasanya akan menjadi langkah yang paling mahal, tetapi hanya dikeluarkan satu kali kepada pihak pengembang web (web developer).

Hosting Situs Web

Hosting dibayar per tahun atau per bulan, dan merupakan “rumah” dari situs web Anda. Hosting ini adalah ruang server yang ‘disewa’ untuk tempat file situs web Anda berada.

Ada banyak pilihan untuk hosting, banyak di antaranya mungkin tidak Anda perlukan untuk situs web bisnis kecil yang sederhana. Hosting dapat berharga mulai dari beberapa dolar per bulan hingga ratusan dolar per tahun, tergantung pada apa yang dibutuhkan situs Anda. Sebagian besar situs sederhana sangat mudah di-host, tetapi jangan meremehkan nilai layanan hosting berkualitas, karena harus ada jaminan untuk waktu kerja situs web Anda setiap saat, dan juga tingkat layanan dan dukungan yang diberikan ketika ada masalah juga sangat penting.

Pemeliharaan, Pembaruan, dan Backup

Anda mungkin juga ingin membayar seseorang secara bulanan atau tahunan untuk melakukan dapat membantu mengupdate platform dan plugin, melakukan backup secara teratur, dan melakukan perawatan kecil lainnya di situs web Anda. Beberapa tugas ini dapat dilakukan secara internal, oleh karyawan yang punya kemampuan untuk memperbarui situs web Anda.

Jika Anda tidak memiliki opsi itu, Anda dapat dengan mudah meng-outsource ini ke pengembang (developer) yang membangun situs Anda, atau kepada orang lain. Ancaman keamanan terhadap situs web itu tidak pernah berhenti tumbuh, dan sangat penting untuk menjaga keamanan situs Anda. Meskipun situs Anda tidak menangani informasi atau pembayaran pengguna, Anda tetap harus memastikannya agar tetap aman dan terlindungi dari kerusakan yang tidak disengaja atau disengaja.

Wrapping It Up

Bukan permasalahan industrinya, dan juga apa pun situasinya, bisnis apa pun hampir pasti dapat menggunakan situs web.

Pertanyaan sebenarnya adalah apa yang dibutuhkan bisnis dari situs web mereka, dan tujuan apa yang mereka miliki untuk keberadaan web mereka. Situs harus dibangun untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, misalnya seperti memberikan pengalaman berbelanja secara online yang baik, menu yang mudah dilihat dan dipesan, atau perbandingan tarif yang mudah dipahami terhadap pesaing.

Apa pun kebutuhannya, situs web harus ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika itu bisa dilakukan, inilah yang menjadi nilai dari kehadiran web yang bagus untuk bisnis.


Kami di Bangwin Consulting sangat sadar akan kebutuhan akan elemen-elemen penunjang bisnis Anda dalam dunia digital. Salah satunya adalah keberadaan situs web. Dengan dibantu oleh dua tim pengembang (developer) yang memiliki jam terbang cukup tinggi, maka kami akan siap membantu Anda agar dapat memiliki situs web bagi bisnis yang Anda jalankan. Silahkan hubungi kami lewat email ini bangwin@bangwinconsulting.com / bangwin@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.