Mengenal Konten Evergreen dan Cara Kerjanya


 

Semakin banyak media online berupaya mempublikasikan konten evergreen yang selalu pas untuk para pembaca dan kecil kemungkinannya untuk segera ditanggalkan. Gagasan di balik jenis konten ini adalah membuat konten yang menarik yang mudah ditemukan oleh mesin pencari sambil memastikan mereka selalu segar (selalu relevan) tanpa harus diperbarui.

Bagaimana Konten Evergreen Bekerja

Kata evergreen paling sering digunakan oleh editor untuk menggambarkan jenis konten tertentu yang selalu menarik bagi pembaca. Konten evergreen adalah konten yang selalu relevan — mirip dengan pohon yang selalu mempertahankan kehijauan daunnya sepanjang tahun.

Konten menarik dan relevan yang tidak menjadi basi diperlukan agar dapat ditemukan oleh mesin pencari secara online. Konten Evergreen dapat membantu mengirimkan traffic ke situs web Anda dan memegang posisi yang berharga dalam peringkat mesin pencari selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sejak pertama kali dipublikasikan.

Konten Evergreen dan Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization – SEO)

Untuk lebih memahami mengapa konten evergreen sangat kuat, maka penting untuk memahami cara kerja optimasi mesin pencari (SEO).

Mesin pencari bekerja dalam tiga tahap berikut ini:

  • Perayapan/Crawling (penemuan konten)
  • Pengindeksan/Indexing (analisis kata kunci dan penyimpanan konten)
  • Pengambilan/Retrieval (di mana permintaan pengguna mengambil daftar halaman relevan yang cocok dengan kata kunci yang diindeks)

Mesin pencari secara konstan menggunakan spider (robot perangkat lunak) untuk merayapi/mencari ratusan juta halaman web yang ada untuk kata kunci yang paling cocok dengan permintaan pencarian pengguna.

Bagian dari algoritma untuk mengindeks halaman web mencakup data mengenai konten yang sudah kadaluwarsa yang belum memiliki banyak kunjungan atau traffic dalam sejarah terkini. Misalnya, jika konten tersebut adalah artikel tentang pendapatan dokter gigi pada tahun tertentu, maka spider akan mengindeks halaman tersebut sesuai dengan tahun tersebut.

Tetapi permintaan yang lebih umum untuk mengetahui “gaji rata-rata seorang dokter gigi” tidak akan menempatkan konten dari tahun lalu di bagian atas hasil mesin pencari.

Karena konten evergreen benar-benar tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan biasanya menggunakan kata kunci yang dapat dicari berulang-ulang, maka tergantung pada kueri, mesin pencari lebih cenderung untuk menarik bagian tertentu dari konten evergreen berulang-ulang.

Kata kunci dan Konten Evergreen

Menulis konten evergreen di sekitar kata kunci yang sesuai dengan situs web Anda akan membantu mesin pencari mengarahkan pembaca ke halaman Anda. Misalnya, jika situs web Anda tentang kesehatan dan kebugaran, maka menulis konten yang menggunakan kata kunci seperti “latihan kaki terbaik” dapat dianggap sebagai topik evergreen yang cerdas, karena audiens Anda mungkin selalu mencari latihan kaki terbaik, terlepas dari apa pun yang sedang populer

Konten Seperti Apa yang Bukan Evergreen?

Untuk bisa sepenuhnya memahami cara menghasilkan konten yang relevan secara terus-menerus, Anda perlu memahami jenis cerita dan cuplikan cerita yang seperti apa yang bukan evergreen.

Artikel yang menyertakan laporan mengandung angka-angka dan statistik yang dapat berubah atau menjadi usang jelas memiliki lingkup kegunaan yang terbatas. Jika Anda menerbitkan sepotong konten seperti ini, sebaiknya dibuat spesifik, karena seseorang dapat mencari informasi dari tahun tertentu untuk tujuan perbandingan. Tapi jangan berharap untuk mendapatkan banyak traffic web yang stabil.

Laporan tentang gaya pakaian saat ini atau tren mode menjadi sangat cepat basi, begitu pula referensi dan tren budaya pop.

Artikel liburan atau musiman biasanya tidak selalu evergreen. Namun, jika kontennya cukup umum, mencari informasi tentang liburan tahunan seperti Natal, Halloween, dan Paskah akan dapat membuat situs web Anda ditemukan selama waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Dan menurut sifatnya, laporan berita umumnya tidak evergreen tetapi memiliki kepentingan untuk konteks sejarah dan untuk membuat catatan publik.

Praktik Terbaik untuk Membuat Konten Evergreen

Di bawah ini adalah beberapa trik umum untuk memperpanjang umur artikel.

  • Menjawab FAQ pembaca (pertanyaan yang sering diajukan)
  • Memberikan kiat-kiat, artikel ‘how-to’, atau saran
  • Menjelaskan konsep umum dalam industri yang Anda jalani untuk pembaca Anda
  • Testimonial untuk fitur dan ulasan produk (tetapi ini bisa tricky karena produk sering diganti dengan model yang lebih baru)

Membuat upaya untuk membuat potongan-potongan evergreen untuk situs web Anda sambil tetap mempertimbangkan SEO akan membantu Anda untuk dapat memberi pembaca Anda konten yang bermanfaat yang dapat mereka rujuk kembali selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun yang akan datang.

Iklan

Satu pemikiran pada “Mengenal Konten Evergreen dan Cara Kerjanya

  1. Ping balik: Haruskah Anda Membagikan Ulang Konten Lama? | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.