5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Jika Anda Berpikir Freelancing Adalah Masa Depan Anda


Pada 2027, mayoritas pekerja di Amerika diperkirakan akan menjadi pekerja lepas (freelancer). Tidak sulit untuk melihat penyebabnya, dari sudut pandang perusahaan. Pekerja lepas dan pekerja kontrak memungkinkan perusahaan menjadi lebih gesit dan merekrut hanya ketika mereka memiliki kebutuhan yang spesifik, sementara karyawan waktu-penuh (full-time) membebani tambahan ribuan dollar lebih banyak untuk benefit setiap bulannya bahkan ketika pekerjaan sedang lesu. Pekerjaan tak terikat/lepas (Freelancing) menawarkan keuntungan bagi si pekerja juga, tetapi manfaatnya harus secara hati-hati dipertimbangkan baik-baik terhadap biaya.

Jam kerja yang fleksibel memberi pekerja lepas keseimbangan yang lebih sehat antara pekerjaan dan kehidupan, serta kontrol lebih besar terhadap arah karier mereka, tetapi keuntungan ini bisa didapat dengan risiko yang semakin besar.

Banyak freelancer terlalu akrab dengan konsep berkecukupan atau kekurangan, di mana ada terlalu banyak atau tidak cukup pekerjaan. Menyelesaikan pekerjaan untuk klien yang sudah ada membuat lebih sulit untuk menemukan waktu untuk mencari pelanggan baru, dan hanya freelancer terbaik yang memiliki aliran pekerjaan yang konstan.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dari para freelancer akan melakukan pekerjaan secara mandiri berdasarkan pilihan, bukan sebagai pilihan terakhir. Menurut penelitian dari LinkedIn dan The Adecco Group, mitra solusi SDM terkemuka, 54 persen pekerja per proyek memilih pekerjaan yang fleksibel karena itu paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan hidup mereka saat ini, apakah berarti itu adalah langkah karir yang menguntungkan? Bisa jadi, namun yang pasti mereka menginginkan lebih banyak fleksibilitas , atau mereka lebih suka pekerjaan berbasis proyek.

Sementara para pekerja independen ini mungkin menyukai kebebasan dan fleksibilitas yang berasal dari keinginan menjadi bos untuk diri sendiri, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum melompat dari perusahaan. Jika Anda dapat menghadapi tantangan berikut, kehidupan freelance mungkin cocok untuk Anda.

1. Klien menanggung asuransi Anda.

Sebagai pekerja lepas, Anda harus menemukan paket asuransi Anda sendiri (kesehatan, gigi, penglihatan, kehidupan, dan cacat). Anda juga ingin menyiapkan dana pensiun, dan kalau bisa beserta keringanan pajak juga. Namun, manfaat sebenarnya dari pekerjaan tak terikat/lepas adalah Anda dapat menetapkan tarif sendiri. Untuk itu pastikan Anda bisa melakukan invoicing yang cukup untuk menutupi tunjangan kesehatan. Banyak freelancer tidak keberatan membayar paket tunjangan mereka sendiri karena mereka akhirnya membawa pulang penghasilan yang lebih banyak.

2. Menghasilkan uang berarti pemasaran.

Karena kebutuhan, pekerja independen harus menjadi tenaga pemasaran dan sekaligus tenaga penjualan. Jika Anda pekerja waktu penuh (full-time) maka pemilik perusahaan mendapatkan klien baru dan mengantarkan mereka langsung ke meja Anda. Sebagai freelancer, maka Anda yang menanggung beban ini, dan Anda akan menemukan bahwa hal itu melibatkan sejumlah besar pekerjaan yang tidak berbayar.

Tugas-tugas seperti pencarian calon klien, berjejaring (networking), akuntansi, dan administrasi semuanya penting untuk kesuksesan Anda, tetapi tidak bisa diperhitungkan sebagai pendapatan. Namun, seperti yang akan diinformasikan oleh tim pemasaran Anda, rujukan adalah cara terbaik untuk mendapatkan klien. Idealnya, saat Anda melakukan pekerjaan yang lebih banyak, Anda dapat memasarkan diri Anda lebih sedikit karena klien akan yang akan melakukannya untuk Anda.

3. Waktu adalah milikmu

Anda mungkin menyadari bahwa Anda bekerja jauh di atas 40 jam seminggu untuk bisa memenuhi tuntutan klien. Anda juga akan menemukan bahwa mengambil cuti menjadi pilihan antara menghasilkan uang atau membelanjakan uang, dan Anda harus bekerja ekstra lebih awal untuk memastikan Anda mampu melakukan downtime.

Sebagai freelancer, tidak ada yang namanya liburan berbayar, tetapi ada yang namanya melakukan perjalanan darat selama sebulan dan tidak dipecat dari pekerjaan Anda. Komunikasikan ketersediaan Anda ke klien, dan mereka akan tetap menginginkan pekerjaan yang Anda kerjakan saat Anda kembali.

4. Anda adalah accounts person.

Pekerjaan tidak terikat/lepas (Freelancing) bukan untuk seseorang yang pemalu. Adalah tanggung jawab Anda untuk menegosiasikan tarif Anda, dan bahkan jika pekerjaan Anda memberikan nilai luar biasa, Anda harus dapat membenarkan biayanya. Klien kadang-kadang mungkin ingin Anda “hanya melihat” atau “melihatnya sekilas”, yang merupakan kode untuk “melakukan pekerjaan secara gratis”. Tetapkan ekspektasi yang jelas dan pastikan kontrak ditulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Jika Anda menghabiskan waktu berbulan-bulan mengejar pembayaran, Anda akan senang melakukannya.

5. Anda sendirian.

Fleksibilitas kadang berarti melepaskan diri dari rekan kerja, dan Anda mungkin menghadapi kesepian khas yang dialami oleh para wirausaha. Banyak freelancer bekerja dari rumah. Fasilitas termasuk dapur dan kamar mandi Anda sendiri, sofa yang nyaman untuk tidur siang, dan privasi lebih dari pada yang Anda miliki di kantor. Meskipun Anda tidak akan melewatkan makanan Anda dari lemari es, Anda mungkin akan kehilangan aspek sosial kehidupan kantor. Manfaatkanlah co-working space dan program baru yang menghubungkan pekerja kontrak dengan peluang jaringan dan sumber daya lainnya.

Banyak yang bisa didapat dengan bekerja tidak terikat/lepas (freelancing), dan juga menawarkan Anda kontrol karir dan gaya hidup. Ini bukan untuk semua orang, tetapi bisa jadi ini cocok untuk Anda. Sebelum terjun ke pekerjaan tidak terikat/lepas, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin di atas dengan seksama untuk menentukan apakah sudah waktunya untuk mulai mencoba.


Disadur dan diterjemahkan dari tulisan Ilya Pozin, founder Pluto TV untuk Inc.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.