Cara Menemukan dan Membangun Hubungan dengan Influencer


Ada orang-orang yang menguasai luar-dalam bidang mereka dan kita mencari bimbingan dan saran mereka untuk bidang tersebut.

Mereka bukan hanya ahli, mereka juga memiliki pengaruh di masyarakat, seorang thought leader…dan mereka biasanya disebut dengan sebutan influencer.

Influencer adalah sumber informasi. Mereka memiliki banyak pengikut yang menghormati rekomendasi dan pendapat mereka dan setelah informasi dari mereka tersebut ditampilkan dengan cara yang bisa Anda pilih, dapat mengundang targeted traffic.

It is the ripple effect.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, Anda perlu tahu siapa influencer di bidang yang Anda jalani, belajar dari keahlian mereka dan membangun hubungan profesional yang produktif dengan mereka.

Manfaat dari sebuah pengaruh

Influencer itu bisa jadi faktor penting bagi bisnis Anda karena ukuran audiens mereka dan pengaruh yang mereka berikan. Menggunakan influencer ini sama saja dengan memanfaatkan rekomendasi dari mulut ke mulut yang menggunakan steroid.

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan bisnis atau profil Anda secara online, masuk akal untuk menemukan influencer yang tepat, pelajari semua yang Anda bisa dan bangun hubungan kerja yang baik dengan mereka.

Berikut adalah 7 cara untuk menemukan influencer:

1. Penghargaan di industri yang mereka jalani

Salah satu cara mudah untuk menemukan siapa yang tepat adalah dengan memperhatikan nama-nama yang muncul pada tautan blog, situs web, dan media sosial, tentunya yang relevan dengan industri yang Anda cari.

2. Rekomendasi

Tanyakan kepada orang lain siapa yang dapat mereka rekomendasikan dan sarankan untuk diikuti. Cara ini dapat menghasilkan beberapa penemuan yang cocok dan baik.

3. Pantau

Karena influencer secara inheren terhubung dengan sangat baik di dalam komunitas mereka, cari tahu siapa mereka dalam percakapan dan dengan siapa mereka bekerja, berbagi konten dan mempromosikan sesuatu.

4. Pada acara-acara dan presentasi

Konferensi yang besar dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang influencer yang Anda incar, sementara seminar dan acara yang lebih kecil sangat ideal untuk dapat benar-benar bertemu dengan influencer dan membuat pertanyaan spesifik Anda dapat dijawab selama pertanyaan dan saat networking.

5. Pada kanal social sharing (podcast, webinar, video sharing)

Ini adalah cara lainnya untuk menemukan influencer, yaitu lewat wawancara, presentasi, kanal produk informasi mereka ataupun pada informasi-informasi yang dikuratori oleh orang lain.

6. Twitter Lists

Twitter adalah salah satu sumber yang bagus untuk menemukan influencer dan melacak apa yang mereka sampaikan. Anda dapat melihat public list yang dibuat oleh orang lain serta membuat daftar Anda sendiri yang private ataupun publik.

7. Group dan Forum

Group dan forum juga merupakan sumber informasi yang berharga. Seringkali para influencer adalah yang paling aktif mengembangkan circle pengaruh mereka dan mengetahui dari siapa para mereka belajar.

Membangun Hubungan dengan Influencer

Mungkin perlu waktu untuk membangun hubungan dengan influencer, terutama karena mereka secara teratur didekati oleh banyak orang yang menginginkan sesuatu dari mereka, tetapi jika Anda berhasil maka yang Anda dapatkan bisa lebih dari yang Anda harapkan.

Ada banyak cara untuk membangun hubungan dengan influencer. Berikut ini 9 cara untuk membangun hubungan tersebut:

  1. Terhubung melalui platform media sosial yang mereka gunakan.
  2. Membagikan posting mereka yang bermanfaat bagi audiens Anda; retweet dan kutip konten mereka, bagikan, komentari dan sukai posting Facebook mereka.
  3. Bantu mempromosikan hal-hal dimana mereka terlibat, termasuk kegiatan amal, seminar dan konferensi, publikasi, dan promosi.
  4. Hadiri acara dan konferensi di mana mereka mempresentasikan dan bagikan presentasi mereka lewat media sosial, pastikan untuk menandai (tag) mereka dan gunakan tagar acaranya.
  5. Ajukan pertanyaan kepada mereka, baik melalui media sosial, pesan langsung, di acara atau di forum.
  6. Bagikan konten Anda dan tanyakan pendapat mereka.
  7. Tunjukkan melalui tindakan Anda bahwa Anda menghormati pekerjaan, bisnis, waktu dan privasi mereka.
  8. Memperkenalkan diri dengan baik – sementara influencer biasanya terhubung dengan sangat baik, perkenalan kunci bisa sangat berguna.
  9. Tawarkan untuk membantu mereka, apakah itu membantu pada acara yang mereka lakukan, mempromosikan produk terbaru mereka atau dengan hanya menjawab panggilan yang mereka buat, siap untuk terlibat dengan cara yang positif dan konstruktif.

Bagaimana dengan Anda?

Sudahkah Anda mengembangkan hubungan yang bermanfaat dengan influencer ? Siapa saja yang ada di daftar influencer Anda?

Bagaimana caranya Anda membangun hubungan dengan influencer? Apa yang akan kamu bisa rekomendasikan?


Penulis Tamu: Belinda Stinson adalah editor majalah online “She Inspires” dan penyelenggara She Inspires Social Media Seminars. Dia memiliki passion untuk menulis, social media marketing serta jadi penghubung antara ide dan penggunanya. Anda bisa terkoneksi dengan Belinda melalui @she_inspires di Twitter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.