Psikolog Mengatakan Hanya Ada 5 Jenis Orang di Dunia. Kamu yang mana?


Kepribadian Anda memengaruhi segalanya, mulai dari teman yang Anda pilih hingga kandidat yang Anda pilih dalam pemilihan politik. Namun banyak orang yang tidak pernah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan sifat-sifat yang dimiliki oleh kepribadian mereka.

Memahami kepribadian Anda dapat memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Hal tersebut juga dapat membantu Anda mendapatkan gambaran tentang bagaimana orang lain melihat Anda.

Kebanyakan psikolog modern sepakat bahwa ada lima tipe kepribadian utama. Disebut sebagai “model lima faktor,” setiap orang memiliki kadarnya masing-masing.

1. Berhati nurani

Orang-orang yang menduduki peringkat tertinggi dalam hati nurani biasanya lebih efisien, teratur, dapat diandalkan, dan mandiri. Mereka lebih suka merencanakan sesuatu terlebih dahulu dan bertujuan untuk pencapaian yang tinggi. Orang-orang yang peringkatnya lebih rendah dalam hati nurani mungkin memandang mereka yang memiliki sifat kepribadian ini keras kepala dan obsesif.

Fakta: Penelitian menunjukkan bahwa menikahi seseorang yang memiliki hati nurani meningkatkan peluang Anda untuk sukses di tempat kerja. Pasangan yang berhati nurani dapat meningkatkan produktivitas Anda dan membantu Anda mencapai yang terbaik.

2. Ekstroversi

Orang yang berperingkat tinggi dalam ekstroversi memperoleh energi dari aktivitas sosial. Mereka banyak bicara, outgoing dan merasa nyaman dalam sorotan. Orang lain mungkin memandang mereka sebagai dominan dan mencari perhatian.

Fakta: Perhatikan orang-orang yang berjabat tangan dengan kuat. Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan pegangan tangan terkuat cenderung memiliki peringkat tinggi dalam ekstroversi dan paling tidak mungkin menjadi neurotik. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk wanita.

3. Ramah.

Mereka yang memiliki peringkat tinggi dalam keramahan adalah orang-orang yang dapat dipercaya, baik hati, dan penuh kasih sayang terhadap orang lain. Mereka dikenal karena perilaku pro-sosial mereka dan mereka sering berkomitmen untuk pekerjaan sukarela dan kegiatan altruistik. Orang lain mungkin menganggapnya naif dan terlalu pasif.

Fakta: Carilah investor keuangan yang memiliki tingkat keramahan tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa investor yang ramah paling tidak mungkin kehilangan uang dari perdagangan berisiko. Hindari investor yang memiliki keterbukaan yang tinggi karena kepribadian tersebut terkait dengan kepercayaan berlebihan yang dapat menyebabkan investor mengambil risiko yang berlebihan.

4. Keterbukaan terhadap Pengalaman

Orang-orang yang memiliki tingkat keterbukaan tinggi dikenal karena minatnya yang luas dan imajinasi yang jelas. Mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi dan kreatif serta mereka biasanya lebih suka variasi daripada rutinitas yang kaku. Mereka dikenal karena senang mengejar aktualisasi diri melalui pengalaman yang intens dan euforia seperti retret meditatif atau tinggal di luar negeri. Orang lain mungkin melihatnya sebagai tidak dapat diprediksi dan tidak fokus.

Fakta: Keterbukaan adalah satu-satunya sifat kepribadian yang secara konsisten memprediksi orientasi politik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki keterbukaan lebih cenderung mendukung liberalisme dan mereka juga cenderung mengekspresikan kepercayaan politik mereka.

5. Neurotisisme/Kegelisahan

Orang-orang yang gelisah mengalami tingkat ketidakstabilan emosional yang tinggi. Mereka lebih cenderung reaktif dan bersemangat serta mereka juga melaporkan tingkat emosi yang tidak menyenangkan seperti kecemasan dan lekas marah. Orang lain mungkin menganggapnya tidak stabil dan insecure.

Fakta: Orang-orang neurotik mencari penerimaan dengan menerbitkan banyak gambar di Facebook. Penelitian menemukan bahwa mereka cenderung memposting komentar atau pembaruan yang dapat dianggap kontroversial, dan jauh lebih mungkin untuk mengirim banyak gambar (mereka juga memiliki foto terbanyak per album).

Memahami dasar-dasar kepribadian.

Kepribadian itu relatif stabil dari waktu ke waktu. Ciri-ciri kepribadian yang Anda perlihatkan pada usia 7 tahun cenderung memprediksi banyak perilaku Anda sebagai orang dewasa.

Tentu saja, Anda dapat mengubah beberapa sifat kepribadian Anda. Dibutuhkan kerja keras dan upaya untuk membuat perubahan besar, tetapi sebagian besar ilmuwan sepakat bahwa itu mungkin.


Penulis Tamu: Amy Morin – Penulis buku “13 Things Mentally Strong People Don’t Do”, Twitter: @AmyMorinLCSW

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.