Apa itu Branding?


Apa itu branding? Karena branding adalah istilah yang sering disalahgunakan dan disalahpahami, maka pertanyaan “apa itu branding?” telah menjadi pertanyaan umum yang mendorong saya memutuskan untuk melakukan beberapa riset literatur lalu membuat tulisan ini.

Selain pertanyaan “berapa harga mendesain logo?” Dan “berapa harga untuk membuat situs web?”, pertanyaan “apa itu branding?” adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan, setidaknya dalam beberapa bentuk pertanyaan atau bentuk lainnya.

Misalnya, pertanyaan yang diajukan:

  • Apa itu branding?
  • Apa arti branding?
  • Bagaimana Anda mendefinisikan branding?
  • Branding – itu hanya identitas Anda, bukan?
  • Apakah bisnis saya perlu branding?

Ada banyak cara orang bertanya tentang branding. Dan itu semua bermula dari ketidak pahaman apa itu branding.

Saya sering menerima email dan pertanyaan seperti “Saya butuh logo, kartu nama, dan kop surat yang dirancang. Saya kira bisa disebut saya perlu branding!”

Elemen-elemen tersebut membentuk identitas brand Anda, yang memang merupakan bagian dari branding Anda. Tetapi pengertian branding jauh lebih dalam dari itu.

Dan itulah mengapa saya pikir posting ini penting.

BusinessDictionary.com menjelaskan branding sebagai:

The process involved in creating a unique name and image for a product in the consumers’ mind, mainly through advertising campaigns with a consistent theme. Branding aims to establish a significant and differentiated presence in the market that attracts and retains loyal customers.

Yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka akan berbunyi seperti ini:

Proses yang terlibat dalam penciptaan nama dan gambar unik untuk suatu produk dalam benak konsumen, terutama melalui kampanye iklan dengan tema yang konsisten. Branding bertujuan untuk membangun kehadiran yang signifikan dan berbeda di pasar, yang menarik dan dapat mempertahankan pelanggan setia.

Bagi saya, definisi branding itu tampak agak melebar. Ini tidak jelas secara keseluruhan, jadi saya akan menggali lebih dalam.

Untuk definisi branding yang lebih baik, saya lebih suka mengutipnya dari CEO Amazon, Jeff Bezos:

Your brand is what people say about you when you’re not in the room.

Bagi saya, apa yang disampaikan oleh Jeff Bezos tentang branding justru lebih sempurna

Branding hampir tidak berwujud. Anda tahu itu dan Anda bisa merasakannya.

Untuk membantu menjawab pertanyaan “apa itu branding?” Kita akan melihat:

  • Apa itu Branding?
  • Mengapa Brand Meminta Bantuan Agensi?
  • Contoh Branding yang Sempurna
  • Seberapa Penting Branding?
  • Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak mampu membayar jasa profesional untuk mengembangkan branding Anda?

Mari selami dunia branding ini.

Apa itu Branding?

Branding bukan hanya desain logo. Anda tidak bisa hanya mendesain logo dan mengatakan “itu branding kami.” Ini secara fakta tidak benar.

Bahkan, meskipun Anda menggabungkan desain logo, kartu nama, kop surat, dan desain stationery bisnis lainnya, Anda masih belum menyentuh branding perusahaan Anda.

Desain logo adalah bagian dari identitas brand Anda, yang merupakan hal yang berbeda sama sekali. Identitas brand Anda adalah representasi visual dari branding perusahaan Anda.

Dan itu hanya satu bagian kecil dari teka-teki brand yang sedang kita gali! Kita akan berbicara lebih banyak tentang desain branding dan identitas brand ya.

Branding adalah cara orang melihat dan memandang perusahaan Anda. Ini juga termasuk bagaimana Anda sebagai pemilik, dan tenaga kerja Anda melihat dan memandang perusahaan. Branding adalah, “apa”, “bagaimana”, dan “mengapa” dari perusahaan Anda

Ini bukan desain logo, kartu nama, atau situs web Anda. Sekali lagi, itu adalah identitas brand Anda.

Branding adalah tentang bagaimana audiens terhubung dengan perusahaan Anda di berbagai tingkatan, dan melalui berbagai titik sentuh pada brand.

Sebuah brand dapat digambarkan sebagai perusahaan, layanan, produk, atau seseorang, yang memiliki “suara” dan kepribadian mereka sendiri.

Seorang desainer tidak dapat “membuat” sebuah brand. Atau mendesain sebuah brand. Desainer mendesain identitas brand yang mencerminkan sebuah brand.

Branding itu sendiri harus berasal dari perusahaan. Dari strategi brand mereka.

  • Apa saja nilai inti (core values) mereka?
  • Apa yang mereka perjuangkan?
  • Apa yang membuat produk mereka unik?
  • Apa nilai jual unik (unique selling point) mereka?
  • Siapa target pelanggan mereka?

Pertanyaan seperti ini membentuk dasar dari strategi brand dan harus dibuat dalam perusahaan sedini mungkin.

Desainer atau agensi desain yang menawarkan layanan branding membangun fondasi suatu brand, atau digunakan untuk meningkatkan identitas visual dan korporat brand tersebut.

Banyak orang, termasuk beberapa desainer, berpikir bahwa branding perusahaan hanya melibatkan perancangan beberapa elemen visual, seperti:

  • Desain logo
  • Desain stationery
  • Palet warna
  • Tipografi

Hal-hal yang Anda akan temukan saat melihat atau membuat pedoman brand (brand guideline).

Pada kenyataannya, branding jauh lebih dalam daripada hal tersebut.

Agensi desain atau brand menyatukan strategi dan identitas brand. Mereka tidak hanya memproduksi berbagai desain yang cantik dan menyebutnya proyek branding.

Agensi-agensi branding profesional mengambil konsep dan ide dari strategi brand perusahaan. Mereka kemudian menghidupkannya dalam format yang paling tepat, kadang-kadang menyarankan perbaikan atau menyempurnakan strategi asli di sepanjang jalan.

Desain atau branding agensi yang profesional menciptakan elemen visual yang membentuk identitas perusahaan atau brand suatu perusahaan, menunjukkan apa yang diperjuangkannya dan menyoroti keyakinan mereka.

Yang mereka kerjakan bukan hanya semata-mata mendesain logo dan memeilih beberapa warna lalu disatukan dan dibuat agar terlihat cantik.

Ada beberapa artikel dan buku bagus tentang branding. Saya sangat merekomendasikan membaca artikelnya Jacob Cass yang berjudul Branding, Identity and Logo Design Explained, di mana Jacob menjelaskan perbedaan antara tiga hal tersebut.

Video berikut ini juga merupakan tinjauan yang cukup baik tentang definisi dari branding dan apa arti branding itu.

Mengapa Brand Meminta Bantuan Agensi?

Brand mempekerjakan agensi yang menyediakan layanan brand untuk membangun atau meningkatkan identitas visual dan/atau strategi brand mereka.

Membangun hubungan yang baik dengan agensi khusus branding dapat membantu menumbuhkan bisnis dan brand Anda!

Jika sebuah perusahaan melakukan rebranding secara lengkap, maka buku pegangan brandnya sering kali juga tidak lagi digunakan.

Namun, jika Anda bekerja dengan perusahaan telah mapan, agensi desain sering diharapkan untuk bekerja mengikuti serangkaian pedoman yang berlaku. Ini cenderung didasarkan pada strategi brand perusahaan atau identitas brand yang ada.

Pedoman identitas brand yang baik akan menjelaskan bagaimana identitas suatu brand seharusnya atau tidak seharusnya digunakan pada berbagai media.

Logo biasanya ditampilkan berada di atas latar belakang yang sesuai, dan juga dalam warna yang sesuai. Palet warna dijelaskan secara rinci, hierarki tipografi juga diuraikan.

Ada banyak pedoman brand yang mudah diakses, Google adalah teman Anda dalam hal pencarian tetapi menurut pendapat saya pedoman brand yang dimiliki oleh Skype adalah contoh yang sangat bagus.

Pedoman brand memastikan bahwa identitas perusahaan dapat dilestarikan dan dijaga logika dan kekonsistenannya terlepas dari perangkat visual apa pun yang diterapkannya. Tergantung pada setiap perusahaan, identitas brand dapat terdiri dari beberapa perangkat.

Sebuah perusahaan seperti Nike dapat menugaskan agensi untuk membuat elemen-elemen berikut ini dengan menggunakan pedoman identitas brand mereka;

  • Desain logo (simbol utama di balik seluruh identitas dan brand)
  • Desain statinery (kop surat, kartu nama, slip komplimen, dll)
  • Kolateral Pemasaran (Flyer, brosur, buku, situs web, dll)
  • Produk & Pengemasan (Produk yang dijual dan pengemasannya)
  • Desain Pakaian (Barang-barang yang berwujud pakaian yang dikenakan oleh karyawan atau yang dijual sebagai bagian dari strategi brand)
  • Desain Ritel (signage interior dan eksterior serta desain interior toko outlet)
  • Desain Email (desain templat email untuk buletin, memo internal, dll.)
  • Iklan TV (gaya visual dan elemen produksi dan iklan TV)
  • Komunikasi Lainnya

Desain logo Anda adalah perwujudan dari brand yang dibungkus menjadi satu tanda yang mudah diidentifikasi, tetapi selalu ingat, desain logo saja bukanlah brand. Itu hanya mewakili sebuah brand.

Kita sudah membahas sedikit hal-hal lain tentang desain logo. Sederhananya, desain logo mengidentifikasi brand atau produk dalam bentuk yang paling sederhana.

Contoh Branding yang Sempurna

Cara termudah untuk menjawab pertanyaan “Apa itu Branding?” Adalah dengan memberikan contoh branding yang bisa dibilang sempurna.

Ada banyak contoh branding yang bagus untuk dipilih. Tapi untuk kali ini coba kita lihat Apple. Mereka telah memantapkan segala sesuatu dengan branding mereka.

Segala sesuatu yang dilakukan Apple merupakan bagian dari brand mereka, dan mereka melakukan banyak hal beragam.

Bagi mereka yang belum tahu, Apple adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, mulai dari laptop hingga ponsel hingga televisi. Apple dibentuk oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada April 1976.

Mereka sekarang adalah salah satu perusahaan paling terkenal di dunia.

Semua yang dilakukan Apple selalu dikalkulasi agar dapat selalu menambah nilai komunikasi dan identitas brand mereka.

Cara mereka memberi nama produk mereka, menentukan nama (iPhone, iPod, iMac) hingga gaya fungsional yang bersih dari situs web mereka memperkuat brand Apple.

Brand Apple secara sederhana adalah “brilliant design that works”.

Cara Apple menyampaikan keynote speeches dan video yang menyertainya di situs web mereka sesaat sebelum peluncuran produk, semuanya sangat jernih dalam komunikasi dengan suasana kekaguman dan kegembiraan yang dibangun di sekitar mereka.

Jika seseorang menutup mata Anda dan mengantarkan Anda ke lokasi tidak Anda ketahui dan ketika Anda membuka mata lalu melihat display berwarna putih yang cerah, komputer dan gadget berbentuk sempurna serta permukaan kerja yang mengkilap, Anda akan tahu bahwa Anda berada di toko Apple.

Itulah branding.

Pelanggan Apple mendatangi mereka karena beberapa alasan, mereka menginginkan yang terbaik dalam teknologi modern, mereka menginginkannya terlihat fantastis, dan berfungsi dengan sempurna.

Bahkan jika kotak produk mereka terbuka maka akan tercium dengan cara tertentu!

Apple telah menyempurnakan branding mereka. Mereka telah membuat dan memperluas brand mereka sehingga menjadi benar-benar ada di semua yang mereka lakukan, serta membangun seluruh perusahaan mereka di sekitarnya.

Dan itu adalah cara yang benar untuk menangani branding Anda. Brand Anda harus selalu ada. Dan Anda harus membangun segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan Anda di atasnya.

Orang-orang memiliki tingkat harapan tertentu dari Apple karena branding mereka, dan bagian dari strategi brand mereka adalah memenuhi ekspektasi tersebut, dari waktu ke waktu.

Seberapa Pentingkah Branding itu?

Jika Anda melihat beberapa brand terbesar di dunia, Anda akan melihat bahwa brand mereka itu dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik.

Lihat saja:

  • Amazon
  • Google
  • McDonalds
  • Facebook
  • Walmart

Bukan sebuah kebetulan bahwa mereka bisa sedemikian suksesnya. Bisnis mereka hidup dengan branding mereka.

Branding adalah fitur penting dari bisnis apa pun dan semua bisnis harus menganggapnya sebagai bagian penting dari strategi pemasaran mereka.

Dalam industri desain, banyak orang memberi tahu klien bahwa mereka harus “memandang desain sebagai investasi, bukan pengeluaran” dan itu tepat sekali.

Saat memulai, banyak orang akan berpikir “Saya tidak akan menghabiskan banyak uang untuk brand perusahaan saya, itu tidak sepadan. Saya bisa melakukannya sendiri tanpa harus mengeluarkan apapun”.

Dan pemikiran seperti itulah yang akhirnya menghabiskan banyak uang untuk memulai sebuah bisnis.

Tanyakan ini pada diri sendiri:

“Apakah saya akan memperbaiki pipa ledeng saya sendiri?” Atau apakah Anda akan menyewa seorang profesional untuk melakukannya untuk Anda?

Branding adalah layanan profesional, dan harus diperlakukan seperti itu.

Strategi dan identitas brand Anda sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda. Mengapa harus mempertaruhkannya pada diri sendiri, ketika Anda bisa menyewa seorang profesional untuk melaksanakannya dengan benar?

Apa yang cenderung terjadi adalah bahwa perusahaan-perusahaan yang telah mengembangkan brand mereka secara profesional dari tahap awal mereka mulai, terus menyadari bahwa investasi awal pada brand mereka telah membayar dividen dalam jangka panjang.

Ada hal-lain untuk ditanyakan pada diri sendiri:

Jika Anda memiliki pilihan dua perusahaan untuk digunakan, dan satu jelas menggunakan seorang profesional untuk mengembangkan identitas brand mereka, dan yang lainnya menggunakan Microsoft Paint untuk merancang identitas brand mereka, siapa yang akan Anda gunakan?

Pada akhirnya Anda tidak ingin brand Anda terlihat didesain dengan salah seperti logo Instituto de Estudos Orientais di bawah ini:

Salah satu hal favorit yang saya sering dilakukan saat istirahat makan siang adalah menelusuri linimasa Twitter dan melihat avatar pengguna dan situs web perusahaan.

Dalam waktu sekitar 5-10 detik, bisa terlihat dengan jelas perusahaan mana yang telah menggunakan agensi desain profesional untuk mengembangkan identitas brand mereka, dan yang telah mengandalkan Microsoft Paint dan “pengetahuan desain” yang mereka miliki untuk mendapatkan identitas brand mereka.

Dalam sekejap, saya dapat membuat keputusan tentang apakah saya akan membeli atau menggunakan sesuatu dari perusahaan tersebut.

Jika branding mereka terlihat profesional, dan situs mereka berfungsi, saya memutuskan ya.

Jika brand mereka sepertinya dilakukan oleh seorang amatir, dan situs web mereka tidak berfungsi dengan baik, maka saya memutuskan untuk tidak melakukannya.

Apakah Anda benar-benar ingin mengambil kesempatan itu?

Di atas itu hanyalah salah satu contoh bagaimana orang membuat keputusan dengan cepat berdasarkan brand perusahaan dan cara mereka menyajikannya.

Ada banyak contoh di mana orang akan membuat keputusan apakah menggunakan brand Anda untuk kebutuhan mereka atau tidak.

Orang memilih berdasarkan sejumlah faktor, tetapi melakukan branding untuk bisnis Anda sendiri pasti akan membuka peluang peluang kegagalan Anda.

Tidak Mampu Membayar Jasa Profesional untuk Mengembangkan Branding Anda

Bisakah Anda menjalankan perusahaan tanpa branding yang profesional?

Tentu saja bisa, jika Anda mampu menyewa agensi yang menyediakan layanan branding, segalanya bisa menjadi sangat mahal dengan sangat cepat.

Namun, ini semua tentang pengembalian investasi Anda.

Jika Anda berinvestasi 20 juta Rupiah tetapi menghasilkan 200 juta Rupiah sebagai hasil branding atau rebranding, maka pengeluaran awal telah tertutupi?.

Tentunya Anda akan setuju, bukan?

Namun ada beberapa cara sederhana dan murah untuk membuat perbedaan bagi strategi brand Anda.

Berikut adalah lima pertanyaan yang dapat membuat Anda berpikir tentang meningkatkan strategi dan identitas brand Anda:

1. Untuk Apa Brand Anda?

Tanyakan pada diri Anda tentang apa brand Anda.

  • Apa yang dipercaya ada dalam brand Anda?
  • Apa yang Anda ingin orang pikirkan tentang brand Anda ketika mereka mendengar nama brand Anda?

Bila berbicara tentang supermarket, maka supermarket dengan brand Ramayana dikenal sebagai supermarket murah. Sedangkan supermarket dengan brand Marks and Spencer memposisikan mereka sebagai supermarket untuk produk-produk mewah, kelas atas, dan desain kemasan produk mereka mencerminkan hal itu.

“Make a list of the differences and the extremes and start with that. A brand that stands for what all brands stand for stands for nothing much.” – Seth Godin

2. Kolateral Brand Apa Saja yang Sudah Ada?

Keluarkan semua materi yang sudah menggunakan brand Anda, dan mulailah melakukan audit brand Anda sendiri.

Sebarkan barang-barang kolateral yang sudah menggunakan brand Anda di meja, meja, atau lantai dapur Anda, dan perhatikan baik-baik.

  • Apakah Anda memiliki logo yang dibangun berdasarkan strategi dan pesan yang mengacu pada brand Anda?
  • Apakah identitas brand Anda konsisten di semua materi yang tercetak?
  • Apakah informasi kontak Anda sudah terupdate pada semua kolateral Anda?
  • Apakah Anda menggunakan warna dan tipografi yang sama di semua media yang Anda gunakan?

Dengan mengeksplor identitas brand Anda dan menghubungkannya kembali dengan strategi brand Anda maka Anda akan dapat mengambil keputusan dengan cepat tentang brand Anda.

Bagaimanapun juga, melakukan hal tersebut akan memenuhi kebutuhan audit untuk brand Anda saat ini.

3. Apakah Anda Menggunakan Media Sosial dengan Benar?

Ada banyak opsi media sosial yang tersedia untuk bisnis saat ini. Pada jasa konsultansi kami, kami menggunakan Facebook, Instagram, dan Twitter.

Apakah brand Anda terwakili di situs jejaring sosial? Apakah identitas visual brand Anda mengalir ke web Anda juga?

Yang terbaik untuk dilakukan adalah menjaga situs media sosial Anda agar konsisten dalam gaya/style pada setiap kolateral yang tercetak dan juga pada desain situs web Anda.

Anda juga perlu memikirkan bahasa yang Anda gunakan, apa yang Anda bicarakan dan apa yang Anda bagikan di media sosial.

Haruskah Anda benar-benar berbicara dengan teman Anda tentang hasil pertandingan sepak bola yang terbaru menggunakan profil Twitter bisnis Anda? Mungkin tidak. Kami sarankan menyimpannya untuk akun Twitter pribadi Anda.

4. Apakah Situs Web Anda Membuahkan Hasil?

Jika situs web Anda tidak terlihat senada dengan materi-materi yang menggunakan brand Anda yang lain, maka inilah saatnya untuk menyamakannya. Anda ingin memastikan identitas brand Anda ditampilkan dengan jelas di situs web Anda, ini akan membantu meningkatkan kesadaran terhadap brand Anda.

Pikirkan cara Anda menyajikan layanan atau produk Anda secara online. Minta feedback dari pelanggan terbaik Anda! Mungkin bisa dengan menawarkan diskon khusus sebagai imbalan atas feedback mereka.

Tanyakan pada mereka:

  • Bagaimana Anda memandang brand kami berdasarkan situs web kami?
  • Jika melihat situs web kami maka apa yang akan Anda ingin ubah?
  • Apakah Anda memahami branding dan pesan kami?
  • Apakah cukup mudah untuk melakukan pembelian?
  • Bisakah Anda menghubungi kami dengan mudah?

Jika banyak jawaban yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, mungkin saatnya untuk melakukan beberapa penyesuaian.

Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada pengguna Anda, tetapi bahkan memperbaiki masalah paling mendasar pun akan dapat membantu Anda dalam perjalanannya.

5. Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengubahnya?

Jika Anda tidak yakin tentang hal-hal yang telah kita bicarakan di atas, maka saya sarankan untuk menghubungi agen branding profesional untuk melihat bagaimana mereka dapat membantu Anda.

Banyak agensi akan menawarkan konsultasi desain sebelum mulai mengerjakan proyek.

Jika Anda lebih suka melakukannya sendiri maka ingat:

  1. Jaga strategi brand Anda terlebih dahulu. Jangan terjun terlebih dulu untuk merancang berbagai hal
  2. Sederhana lebih baik. Jangan coba-coba memperumit identitas Anda!
  3. Lebih banyak warna = lebih banyak biaya (dalam hal pencetakan)
  4. Jangan menghabiskan seluruh waktu Anda melihat logo Anda, ada lebih banyak yang perlu diperhatikan dari hanya logo
  5. Pastikan cukup fleksibel untuk digunakan di banyak tempat.

Ingat, branding adalah layanan profesional. Anda tidak harus benar-benar mencobanya sendiri.

Jika Anda tidak yakin bagaimana menjalankannya, maka carilah bantuan atau kirim email kepada kami!

Kesimpulan: Apa itu Branding?

Branding adalah hidup dan jiwa perusahaan Anda. Branding adalah, “apa”, “bagaimana”, dan “mengapa” dari perusahaan Anda. Branding adalah apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan mengapa Anda melakukannya.

Penggabungan elemen-elemen tersebut bersama dengan desain identitas brand Anda, adalah branding. Saya pikir salah satu definisi terbaik dari brand yang pernah saya lihat adalah dari Tronvig Group;

“Branding is What sticks in your mind associated with a product, service, or organization — whether or not, at that particular moment, you bought or did not buy.”

Digabungkan dengan kutipannya Jeff Bezos dari sebelumnya, dan branding itu dirangkum dengan sempurna.

Ini adalah cara brand Anda bisa melekat di benak orang, dan, dalam hal itu, juga memberi keyakinan pada mereka untuk membeli atau tidak membeli apa yang Anda jual.

Namun, branding tidak selalu tentang meyakinkan orang untuk membeli, itu semua kembali ke strategi dan tujuan brand Anda.

Terkadang masalah branding ini uga tentang penciptaan loyalitas terhadap brand, mengumpulkan uang untuk amal, meyakinkan orang-orang untuk menggunakan layanan Anda, membuat buku-buku Anda dibaca orang, mempekerjakan Anda untuk sebuah pekerjaan, dan sebagainya. Branding dapat digunakan untuk banyak hal.

Banyak orang yang berusaha membangun branding pribadi juga.

Coba perhatikan Gary Vaynerchuk, salah satu pengusaha selebriti pertama di dunia.

Pendapatannya dihasilkan hanya melalui kewirausahaannya sendiri. Dan ia berhasilnya menjalaninya ketimbang berhasil melalui olahraga atau media dan kemudian beralih menjadi pemimpin bisnis.

Ringkasnya, branding itu bukan desain logo. Ini bukan hanya tentang elemen visual brand Anda.

Branding adalah sesuatu yang diyakini oleh brand Anda dan bagaimana Anda/perusahaan Anda mewakili hal itu.

Ini semua tentang tanggapan emosional dari pelanggan atau klien Anda. Yang juga membuat mereka berpikir tentang apa yang Anda ingin mereka pikirkan segera setelah mereka mendengar nama brand Anda.

Branding adalah bagaimana Anda dan perusahaan Anda dipersepsikan.

Apa arti branding bagi Anda? Bolehkah Anda bagikan pemikiran, kisah sukses, dan bahkan kegagalan Anda pada bagian komentar di bawah ini. Saya ingin sekali mendengarnya dari Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.