Di dalam Kehidupan Traumatis Moderator Jejaring Sosial


Sebagai seseorang yang pernah menjalani profesi sebagai seorang community manager, maka saya pribadi tahu betapa beratnya kehidupan seorang moderator untuk sebuah jejaring sosial. Dan cerita yang dibuat oleh Casey Newton untuk The Verge ini saya pikir cukup akurat menggambarkan betapa traumatisnya menjadi seorang moderator dimana mereka harus menghadapi konten-konten yang menggambarkan kegilaan para netizen di jejaring sosial.

Memoderasi konten (content moderation) adalah salah satu tugas yang harus dijalankan untuk memastikan konten-konten yang di posting di jejaring sosial itu aman bagi seluruh pengguna. Tindakan mereka untuk memfilter dan menurunkan konten-konten tersebut maka terselamatkanlah banyak pengguna dari pengaruh buruk konten-konten tersebut. Hanya saja para moderator konten tersebut juga seringkali ikut terkena dampak toksiknya konten-konten tersebut secara psikologis tentunya.

Awal tahun ini, Casey Newton dari The Verge mengangkat cerita tentang kondisi kerja para moderator Facebook di Phoenix, AZ. Newton menerbitkan cerita lanjutan yang mengungkapkan bahwa pola kondisi tempat kerja yang parah meluas ke kampus kedua di Tampa, FL, tetapi dengan cara yang bahkan lebih ekstrem. Anda dapat membaca sepenuhnya cerita lanjutan tersebut secara eksklusif di sini.

Video di bawah ini mendokumentasikan beberapa mantan moderator konten dari Facebook berbicara tentang kondisi kerja mereka di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Casey Newton dari The Verge melakukan perjalanan ke Tampa, FL, untuk mengunjungi situs moderasi konten berkinerja untuk Facebook dan mempelajari seperti apa kehidupan para ratusan moderator konten tersebut. Mereka menceritakan bagaimana situasi kantor, dan efek samping dari pekerjaan itu berdampak lama bahkan setelah pekerjaan itu selesai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.