Semantika Produk


Dulu sewaktu saya menjalani profesi sebagai seorang desainer (1988 – 2000), sebelum akhirnya saya hijrah ke dunia berbasis internet dan komunikasi, satu pertanyaan terus menghantui kepala saya yang berkaitan dengan dunia desain ini; Jika fungsi sebuah produk yang di desain telah terpenuhi lalu tentunya nasib si produk yang sudah dilahirkan sangat tergantung dari bentuk yang dimilikinya. Artinya ada hubungan yang tak terlihat yang mempengaruhi selera pengguna dan membuat mereka memilih.

Dalam dunia desain, “hubungan yang tak terlihat yang mempengaruhi selera pengguna yang membuat mereka memilih” itu dipelajari dalam bidang yang disebut dengan Semantika (Semantics) yang berakar pada bahasa yang penerapannya pada produk/desain dikenal dengan Semantika Produk (Product Semantics).

Bingung? Ya dari sisi pengguna atau pembeli saya bisa memahami kebingungan tersebut karena biasanya kalian kalau membeli sesuatu selalu ada alasan yang jelas (dan juga tidak jelas). Alasan yang jelas itu biasanya memang karena kebutuhan, dan alasan yang tidak jelas itu ya karena…..”saya suka bentuknya”, “soalnya gue banget tuh”, “saking kerennya akhirnya gue pajang aja karena sayang kalau dipakai”, dan sejuta alasan ajaib jika kebutuhan utamanya sudah terjawab. Alasan-alasan “ajaib” yang tidak terlihat inilah yang menarik

Lalu kalau memang bukan kebutuhan utama ya tidak perlu anggap penting dong? Ya tidak juga. Manusia itu bukan robot karena dibekali oleh kemampuan menyecap rasa, mencium bebauan, merasakan tekstur dan menikmati visual, dimana semuanya ini mempengaruhi selera yang pada saat ada pilihan maka mereka akan menggunakannya untuk memilih apapun yang dirasakan paling cocok buat mereka.

Ini pembahasan menarik buat saya, oleh karena itu saya memilih topik yang berkaitan dengan Semantika Produk dan Emotional Design sebagai topik dalam thesis yang sedang saya susun pada saat ini.

Tertarik untuk mengikutinya? Well, saya akan coba tulis ya prosesnya di blog ini dan silahkan berlangganan (subscribe) supaya tidak ketinggalan…:-)

Foto: Ketaki Karkhanis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.