Cara Baru Menghargai Karya


Pernah gak kalian mengalami jatuh cinta pada karya-karya yang dihasilkan oleh seorang kreator, lalu tiba-tiba si kreator memutuskan untuk tidak berkarya lagi dengan alasan harus fokus pada pekerjaannya?

Dulu saya pernah ngefans dengan seorang pemusik yang sempat mengeluarkan album secara indie, dimana akhirnya pemusik tersebut berhenti berkarya di dunia musik karena harus berkonsentrasi di pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan pemasukkan bagi kehidupan keluarganya.

Benarkah sulit bagi seorang kreator untuk hidup dari kreasinya sendiri? Sebetulnya tidak jika ia punya modal untuk membuat karyanya bisa dinikmati dan dibeli oleh para penikmat karyanya. Ya modal untuk memproduksi karyanya sampai jadi. Tapi banyak yang tidak tahu dan tidak mengerti justru modal ini yang kemudian jadi penghambat. Jika ada modal, apakah lebih baik diinvestasikan pada karya di mana belum bisa langsung menghasilkan atau dibuat untuk menyambung hidup? Jadi ya kuncinya di modal tersebut sebenarnya.

Nah dari sudut penikmat karya sebetulnya apa yang bisa dilakukan agar si kreator bisa tetap berkarya dan si penikmat karya juga bisa tetap mendapatkan karya yang dihasilkan oleh kreator kesayangan mereka? Apakah lalu harus memberikan modal pada si kreator? Wah jadi ngerepotin kalau begitu ya. Sebetulnya ada cara yang sebetulnya cukup mudah, yaitu patungan berjemaah dengan sesama penikmat karya agar si kreator bisa tetap berkarya……What the @#$% is that?

Yes…! Sekarang ada platform yang membuat kalian bisa mendukung kreator favorit kalian agar mereka bisa terus berkarya, namanya Karya Karsa. Seperti layaknya kalian membeli karya sebagai bentuk apresiasi, di Karya Karsa juga kalian bisa mengapresiasi karya kreator favorit kalian dengan cara menyumbang sejumlah dana yang ditetapkan oleh si kreatornya. Penyumbangan dana ini disebut dengan istilah dukungan yang berlaku selama 30 hari, dan selama 30 hari tersebut kalian bisa mendapatkan karya apa saja yang diberikan oleh kreator bagi para pendukungnya.

Lalu apa yang dapat kalian lakukan setelah ini? Jika kreator favorit kalian belum ikutan Karya Karsa, ajaklah mereka untuk ikutan, lalu dukung mereka sehingga mereka bisa tetap mengandalkan karya mereka untuk dapat terus berkarya. Mereka bahkan bisa hidup dari karya mereka lho.

Beriklan sedikit, kebetulan saya mencoba mencari dukungan untuk beberapa karya saya di Karya Karsa. Salah satunya yang sekarang sedang berjalan adalah draft buku “Mengelola Komunitas Maya” yang sedang dalam proses penyelesaian. Agar dapat segera selesai, maka saya ingin berbagi dengan kalian semua sekaligus mencari dukungan di Karya Karsa, dengan cara membagikan draft buku saya ini bab demi bab dengan hanya Rp.30.000,- per bulan. Mudah dan tentunya para pendukung saya nantinya akan mendapatkan priviledge yang pertama mendapatkan materi buku tersebut secara bertahap tentunya.

Foto dari fastcompany

Satu pemikiran pada “Cara Baru Menghargai Karya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.