Pentingnya Menunjukkan Karya


Bagaimana cara memperkenalkan karya saya? Bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan audiens? Strategi apa yang digunakan? Pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan promosi diri seperti ini lah yang sering saya dapatkan, walaupun sebetulnya saya juga tidak terlalu suka membicarakan diri sendiri secara saya termasuk orang yang introvert.

Steve Martin, seorang komedian terkenal punya jawaban yang keren untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan semacam diatas itu, “Berkaryalah sebaik mungkin supaya tidak diabaikan”. Lalu Steve melanjutkan kalimatnya, “Bila kamu berfokus pada kualitas, orang akan datang kepadamu.”

Saya setuju dengan Steve. Bukan kita yang harus menemukan konsumen untuk karya kita, melainkan sebaliknya. Namun masalahnya berkarya dengan baik saja tidaklah cukup.

Supaya dapat ditemukan, ya kita harus mudah ditemukan. Nah sebetulnya ada cara mudah untuk menyebarkan karya dan menjadikannya mudah untuk ditemukan sembari kita bisa tetap memfokuskan diri di bidang kita masing-masing yaitu dengan cara berbagi (sharing).

Orang-orang yang suka berbagi ini tidak suka menghabiskan waktu mereka untuk bergunjing di tempat-tempat hangout karena mereka terlalu sibuk untuk itu. Mereka menghabiskan waktu mereka di tempat-tempat mereka biasa berkarya. Walaupun begitu bukan berarti mereka mengurung diri dan menyimpan karya-karya mereka untuk diri mereka sendiri, justru sebaliknya mereka terbuka dengan apa yang sedang mereka kerjakan serta konsisten berbagi karya lewat online. Mereka memanfaatkan jejaring yang terbentuk ketimbang membuang-buang waktu dengan tempat mereka berjejaring. Dengan berbagi malah mereka sering jadi mendapatkan konsumen yang berguna saat dibutuhkan nanti.

Coba bayangkan, bila satu saat nanti calon atasan yang akan datang nanti tidak perlu lagi mencari tahu lebih dalam tentang dirimu karena sudah bisa mereka dapatkan dengan membaca blogmu . Bayangkan jika dirimu seorang pelajar lalu mendapatkan pekerjaan pertamamu karena tugas sekolah yang kamu bagikan lewat online. Bayangkan jika kalian bisa mengubah proyek sampingan kalian menjadi sebuah profesi karena ada yang menginginkannya terus menerus.

Sederhananya, kita hanya perlu menunjukkan karya pada semua.

Satu pemikiran pada “Pentingnya Menunjukkan Karya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.