Bidan


Bidan adalah sebuah profesi yang memberikan dukungan, asuhan dan nasihat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. Yes, ini saya ambil dari Wikipedia ya tentunya ini arti sebenarnya dari kata “bidan” tersebut. Kali ini saya gak mau membahas tentang bidan yang itu, tapi kata bidan yang juga sering di gunakan untuk menggambarkan orang-orang yang membantu lahirnya sebuah bisnis ataupun lahirnya sebuah solusi.

Membidani sebuah solusi untuk sebuah bisnis bukanlah hal baru bagi saya. Ya mungkin karena sejak beberapa tahun ini memang kerjaannya membantu bisnis-bisnis untuk bertransformasi ke bentuk yang lebih relevan di masa sekarang. Lahirnya generasi baru dengan habit baru dan karakter baru yang kemudian mulai menguasai usia-usia produktif membuat tidak ada jalan lain bagi bisnis-bisnis tradisional harus mulai bertransformasi supaya bisa tetap relevan.

Dulu saya pernah membantu pengusaha ayam bakar yang cukup terkenal di areal rumah saya waktu masih tinggal di daerah Ciganjur-Ragunan, dimana pada saat itu si pengusaha terancama tidak bisa jualan lagi karena warung tempat ia menjajakan tanahnya dijual oleh pemiliknya (yang kebetulan masih keluarganya sendiri). Dengan mendigitalkan outletnya dan memindahkan dapur ke rumahnya si pengusaha, bisnisnya bisa jalan terus dan malah makin meluas. Juga tadi malam kebetulan saya ngobrol dengan seorang teman lama dan sepertinya ia juga minta saya membantunya untuk membidani sebuah usaha rumahan (nanti ya cerita lengkapnya kalau sudah jalan).

Seorang bidan ya tugasnya membantu kelancaran, apakah yang berkaitan dengan kelahiran seorang bayi, maupun kelahiran (kembali) sebuah bisnis.

Photo by 东旭 王 on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.