Kesehatan


Setiap kali kita (saya dan sahabat-sahabat satu sekolah) ngobrol tentang kesehatan pasti diakhiri dengan celetukkan “Sadar gak bahwa dulu kalau kita ketemuan dan ngobrol pasti gak pernah kepikiran ngobrolin topik-topik seperti ini”, lalu kita semua ngakak bareng menertawai umur kita masing-masing.

Dulu saya selalu mengibaratkan tubuh kita ini seperti kendaraan, dimana kalau kita malas merawat kendaraan kita, maka satu per satu bagian dari kendaraan itu pasti akan mulai bermasalah. Analogi yang masih saya yakini sampai saat ini, hanya saja perbedaannya, kita bisa mengganti kendaraan kita jika sudah parah sekali, sedangkan kita tidak bisa memperbaharui bagian tubuh kita yang rusak/sakit jika sudah terlanjur bermasalah.

Saya pernah diberitahu oleh seorang ahli nutrisi bahwa sebenarnya tubuh kita itu memberikan sinyal atau tanda jika ada tanda-tanda ketidakseimbangan pada tubuh kita yang beresiko pada jatuh sakit, hanya saja karena ketidak tahuan dan ketidakpedulian kebanyakan manusia pada tubuhnya sendiri sehingga tanda-tanda tersebut makin tidak terdeteksi, sehingga ya jika sampai dibatas toleran tubuh akan langsung jatuh sakit. Topik tentang sensitivitas tubuh ini akan sangat menarik sih, nanti kapan-kapan kita obrolin lebih jauh ya.

Pada jaman sekarang banyak penemuan-penemuan peralatan yang sebetulnya dapat membantu kita untuk memonitor kesehatan kita sendiri. Bayangkan, hanya dengan health band yang harganya kurang dari 500 ribu perak saja, kita bisa memonitor kebutuhan bergerak tubuh kita, jumlah detak jantung, tekanan darah sampai dengan kualitas tidur. Betapa diberkahinya orang-orang yang hidup di jaman kemajuan teknologi ini ya.

Seiring dengan kesadaraan akan kesehatan yang semakin tinggi pada generasi milenial ke atas, saya yakin urusan kesehatan bukan lagi menjadi masalah yang besar. Tinggal generasi saya ke bawah yang jagoan urusan kerja tapi sudah terlanjur cuek dalam hal jaga badan untuk mengejar ketertinggalan ini.

Semoga masih diberikan umur ya…..Amiiiien

Photo by Luke Chesser on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.