Teknologi vs Komunikasi


Sejak dulu saya selalu bilang bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan cara berkomunikasi dengan menggunakan alat komunikasi yang diberikan oleh Tuhan YME pada manusia. Suara yang dihasilkan dari pita suara kita dikombinasikan dengan kemampuan kita mengatur nada dan penekanan, ditambah lagi kemampuan kita untuk berekspresi dengan gesture membuat pesan yang ingin kita sampaikan ke lawan bicara kita sangat-sangat jelas.

Kelemahannya hanya satu yaitu jarak……tidak bisa kita menggunakan cara berkomunikasi seperti yang saya jelaskan di awal jika lawan bicara kita jauh. Namun teknologi membuat permasalahan jarak itu jadi bukan masalah lagi, hanya saja pengorbanan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan jarak tersebut juga cukup besar, yaitu resiko kesalahpahaman. Lho maksudnya gimana tho?

Saya berikan satu contoh. Dengan ditemukannya telpon maka kita bisa menelpon kemana saja, namun secara bersamaan mengubah tingkat kualitas kita berkomunikasi juga. Jika kita berbicara dengan orang lain secara berhadap-hadapan, maka tanpa suara pun ekspresinya bisa memulai komunikasi bukan? Sedangkan dengan menggunakan telpon, maka tidak ada komunikasi yang dimulai sebelum ada yang membuka suara. Belum lagi lack of gesture yang merupakan faktor penguat terpenting dalam berkomunikasi tersebut. Bisa dimengerti ya?

Nah sekarang coba bayangkan apa yang kurang dan resiko apa yang mungkin terjadi jika kita berkomunikasi menggunakan Whatsapp, Twitter, Facebook……atau bahkan Tik Tok?

Sebentar-sebentar….jangan salah sangka dulu ya, saya sama sekali gak anti sama cara berkomunikasi lewat digital, hanya saja perlu disadari bahwa pasti akan ada yang kurang, sehingga dengan menyadari kekurangan-kekurangan tersebut ya kita semua bisa lebih mawas diri. Begitu maksudnya…:-)

Ok kalau ada yang ingin didiskusikan langsung saja ke WA saya ya….:-P, hahaha just kidding! Boleh di bagian komen di bawah kok.

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.