Cerita


Apapun yang ada di dunia ini selalu punya cerita. Tidak ada yang tiba-tiba muncul tanpa cerita. Bahkan ada yang tidak diketahui ceritanya, kemudian dibuatkan cerita agar bisa diceritakan kembali. Tinggal sekarang bagaimana menceritakan cerita-cerita tersebut ke siapapun yang belum pernah mendengarkannya.

Bercerita itu permasalahan yang berbeda dengan mendengarkan cerita. Dibutuhkan kemampuan khusus dalam bercerita terutama jika yang diinginkan adalah ketertarikkan dari si pendengar. Sebetulnya ini yang menjadi permasalahan, ketidak mampuan bercerita sehingga cerita yang menarik menjadi tidak menarik atau bahkan membuat si pendengar salah tangkap terhadap cerita yang disampaikan.

Ini si Bangwin ngomong apa sih ya dari tadi di atas? Hahaha…..Jadi begini, saya baru saja pulang dari Maluku Utara beberapa saat yang lalu. Trip saya tersebut mengingatkan pada pengalaman beberapa tahun lalu saat saya juga melakukan perjalanan yang sama ke Maluku Tenggara (Kepulauan Kei) dan Maluku Utara (Ternate dan Tidore). Kedua daerah tersebut memiliki ceritanya masing-masing yang sangat menarik untuk diceritakan. Kepulauan Kei tentunya tentang keindahan alamnya (foto akan sangat berbicara). Ternate dan Tidore tentunya karena dalam sejarah pernah menjadi pusat rempah-rempah dunia, sampai akhirnya kota Tidore dijuluki sebagai Kota Seribu Benteng. Maaf saya tidak akan melanjutkan cerita tentang Ternate dan Tidore, karena kalau diteruskan maka perlu ada blogpost sendiri untuk bercerita tentang kedua daerah tersebut.

Nah, dengan bermodal kekuatan cerita-cerita tersebut, daerah-daerah yang saya ceritakan di atas sangat mungkin bisa menarik perhatian siapapun di dunia ini. Sekarang tinggal bagaimana menceritakannya bukan?

Bagaimana dengan daerah kalian? Saya yakin pasti cerita-cerita yang ada pada daerah kalian juga sangat menarik. Jangan bilang daerah kalian tidak punya cerita apa-apa, karena itu akan membuktikan ketidak pedulian terhadap daerah kalian sendiri lho.

Photo by Kevin Erdvig on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.