Norma


Norma adalah aturan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Bagi individu atau kelompok masyarakat yang melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat tersebut, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apa yang terjadi jika norma-norma tersebut dilanggar dan pengenaan sanksi juga tidak diberlakukan?

Tadi malam saya baru saja menonton film yang berjudul Bombshell. Film yang diambil dari kisah nyata tentang terkuaknya skandal pelecehan seksual yang terjadi di jaringan TV Fox. Film ini sebetulnya contoh bagaimana sebuah kekuasaan bisa membelokkan norma-norma yang berlaku ke arah yang tidak benar, dan jika tidak ada yang mendobrak maka akan menjadi kebenaran yang dipegang.

Sama kasusnya dengan penegakan hukum yang lemah di jalan raya, dimana tidak adanya tindakan bagi para pengendara kendaraan yang melawan arah menyebabkan mereka-mereka itu jadi lebih galak jika ditegur….Mengapa demikian? Ya karena mereka menganggap begitulah norma yang sekarang berlaku.

Ok, jadi apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan? Poinnya adalah norma itu akan berubah jika tidak dijaga dan tugas kita semua lah untuk menjaganya. Jangan jadikan “sing waras ngalah” menjadi pegangan, karena jika “sing waras” terus-terusan mengalah maka “sing gak waras” akan seenaknya menentukan norma-norma yang menurut mereka akan menguntungkan.

Photo by Calvin Ma on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.