Generalist dan Specialist


Saya harus memberikan pengakuan bahwa saya tidak bisa fokus pada hanya satu bidang dan akibatnya saya tidak bisa menjadi seorang specialist, real specialist yang setia dan fokus pada satu bidang saja.

Seorang generalist selalu melihat dari sudut pandang yang lebar untuk bisa mengetahui medan yang akan dihadapinya. Setelah ia paham maka ia akan mencari solusi untuk setiap sudut yang dibutuhkan. Ia harus paham sudut-sudut tersebut sebagai seorang generalist, ia menyukai proses dan mempelajari semuanya namun bukan untuk menjadi seorang specialist. Seorang generalist bukan seorang expert, oleh karena itu seorang generalist harus bisa menjadi team player, seorang komandan yang handal, yang instruksinya dapat dengan mudah dipahami oleh seluruh stakeholder.

Sedangkan seorang specialist akan bekerja sesuai ilmu yang ia kuasai. Ia mempelajari satu ilmu dengan dalam dan pemahaman yang tidak akan pernah dimiliki oleh seorang generalist. Specialist juga menyukai proses tapi proses yang memperdalam apa yang ia sukai dan kuasai, di luar itu ya ia akan melemparkannya ke specialist lain yang sesuai dengan kebutuhan atau ke generalist untuk dicarikan solusi. Seorang specialist tentu saja seorang expert, percuma saja jika mereka tidak expert, selain itu mereka seharusnya juga seorang eksekutor yang handal dalam ilmu yang di dalaminya itu.

Dalam dunia pekerjaan generalist dan specialist memang ditakdirkan untuk berjalan bersama. Mereka pasti akan bertemu dengan cara apapun juga.

Jadi, kalian generalist atau specialist?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.