OK Boomer!


Sering dengar ada yang melontarkan kalimat di atas? Belum? Waaah OK Boomer!….hahaha.

Well, to make the story short kalau ingin tahu apa artinya OK Boomer itu silahkan lihat di sini.

Komunikasi itu penting. Namun membangun komunikasi itu bukanlah hal mudah karena komunikasi itu bisa terjalin jika hal-hal mendasar dalam komunikasi itu dijalankan. Coba kita ambil contoh komunikasi dalam keseharian ya:

Seorang anak (sebut saja Jane) ingin bertanya pada ibu nya (sebut saja Mary). Model komunikasi mana yang akan berjalan lancar?

[1] Mary, tas sekolah saya dikemanain?

atau

[2] Ibu, apakah ibu melihat tas sekolah saya?

Kedua pertanyaan tersebut tidak salah, tapi most likely komunikasi yang akan terjalin dengan baik ya yang nomer 2. Lalu apa yang missed di sini? Tatacara? Attitude? Kesopanan? Ya semua itu yang seharusnya sudah ada dulu sebelum menjalin komunikasi.

Mungkin pada saat Chlöe Swarbrick, seorang anggota Parlemen Selandia Baru menanggapi heckling dari anggota lain dengan mengeluarkan statement “OK Boomer!” tidak bermaksud untuk menggeneralisir maksudnya ke semua orang tua. Hanya spesifik ke orang-orang yang mengheckling dirinya. Hanya saja Boomer atau Baby Boomer itu jadi perlambangan dari generasi tua, sehingga bagi generasi-generasi muda yang tidak sependapat dengan orang yang lebih tua menggunakan istilah yang sama untuk meledek mereka.

Permasalahannya komunikasi itu kan bukan hanya heckling. Perbedaan pendapat itu bukan berarti buruk. Komunikasi tidak akan terjadi jika tidak di awali dengan rasa saling respek. Dan yang terpenting ya pekerjaan tidak bisa dijalankan jika komunikasi terputus.

Kira-kira begitu Boomer!…uuppss

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.