Jika kalian pengguna media sosial, maka akan sulit untuk tidak mengikuti kasus tertangkapnya Lucinta Luna karena kasus narkoba. Saya sendiri tidak terlalu tertarik mengikuti kasus kriminal seperti ini, namun linimasa saya di media sosial manapun dipenuhi orang berbagi artikel/foto/link tentang kasus ini.

Yang membingungkan bagi saya adalah, kebanyakan dari mereka (termasuk media yang memberitakannya) lebih banyak menyoroti jenis kelamin Lucinta Luna ketimbang kasus narkoba yang membuatnya terjerat. Bahkan dari media yang lewat dibagikan di linimasa saya, polisi pun merasa perlu menyelidiki jenis kelamin Lucinta Luna dengan alasan hukum.

Sekali lagi saya melihat bahwa bangsa kita ini memang tidak terbiasa dengan perbedaan. Kecurigaan terhadap sesuatu yang berbeda menjadi hal yang super urgent untuk dibuktikan walaupun hal tersebut bukan esensi.

Kesan yang muncul kepermukaan tentang kasus Lucinta Luna tertangkap karena kasus narkoba jadi biasa aja, justru yang terlihat penting dia itu laki-laki atau perempuan. Pelanggaran yang menyeretnya ke polisi jadi bukan apa-apa dibandingkan dengan pembuktian identitas dia. Bahkan kebanyakan media jadi terlihat menggunakan kasus narkoba tersebut untuk membuktikan jenis kelamin Lucinta Luna.

Setelah pembuktian dilakukan lalu apa yang akan terjadi?

Photo by Michael Prewett on Unsplash