Terbuka


Keterbukaan itu penting dalam mendapatkan kepercayaan. Ya istilahnya jika ingin mendapatkan kepercayaan ya harus bisa terbuka. Hanya dengan terbuka dan membiarkan semua bisa melihat dan berpendapat maka kepercayaan itu akan diberikan.

Memang tidak mudah sekaligus juga ya mudah, karena dengan terbuka maka kita membebankan pengawasan ke pihak luar yang memang peduli. Secara tidak langsung yang menjaga jadi banyak juga bukan?

Dalam konteks pemerintahan, ketidak inginan untuk terbuka jadi berkesan ada yang ingin ditutupi dan ini jadi preseden buruk. Pemerintahan kita sudah mulai mengenal keterbukaan sejak lama katanya, namun saya pribadi baru melihatnya sendiri prakteknya saat bapak Basuki Tjahaya Purnama/BTP (Ahok) menjadi Gubernur. Bagaimana beliau menstreamingkan pertemuan-pertemuan mereka lewat YouTube mengakibatkan masyarakat bisa ikut memonitor jalannya pertemuan-pertemuan tersebut.

Cara yang sama (walaupun tidak menggunakan streaming video) juga digunakan BTP saat ia dipercaya untuk memimpin salah satu BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina, beritanya bisa diikuti di sini.

Apakah lalu masyarakat jadi lebih percaya pada Pertamina? Ya perjalanan masih panjang, namun keterbukaan pada saat memulai kepemimpinannya di Pertamina adalah awal yang baik saya pikir.

Bagaimana menurut kalian?

Photo by Kelli McClintock on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.