Masker


Virus Corona dari Wuhan memang membuat panik masyarakat sedunia, gak cuman di Indonesia. Saking paniknya banyak orang berusaha melindungi diri mereka. Salah satu caranya adalah menggunakan masker.

Hampir dimana-mana masker jadi buruan orang-orang. Saking dicarinya maka mekanisme pasar membuat harga masker jadi naik. Tidak banyak masyarakat yang dapat bersikap sosial secara holistik seperti di Jepang sehingga mereka semua menahan diri untuk tidak menaikkan harga peralatan kesehatan termasuk masker walaupun permintaan melonjak dengan semboyan “tidak menari di atas penderitaan orang lain”.

Beberapa hari yang lalu muncul pemberitaan bahwa Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto menjelaskan bahwa sebenarnya bahwa masker itu sebetulnya dibutuhkan oleh orang sakit agar mereka tidak menulari orang lain, sedangkan orang yang sehat sih tidak perlu masker.

Lha…sebentar-sebentar, orang sehat tidak perlu masker, yang perlu masker adalah orang sakit agar tidak menulari orang lain. Kalau dibaca dan direnungkan sih masuk akal. Bayangkan jika orang sakit semua menjaga diri agar kondisi dirinya yang sedang sakit tidak menulari orang lain, ya tentunya orang sehat jadi tidak perlu susah-susah melindungi diri bukan?

Problemnya sebetulnya gak sesederhana itu. Kepanikan itu sudah keburu terjadi. Sekali lagi arus informasi yang sedemikian deras dan cepat membuat kepanikan itu menyebar lebih cepat dari penyebaran virus itu sendiri sehingga melindungi diri bagi orang sehat dirasakan lebih mudah ketimbang menyuruh orang sakit untuk sadar diri dan menjaga agar penyakit yang diidapnya tidak tersebar ke mana-mana.

Nah, masker ya tinggal masker. Dia sih ikut saja apa yang diinginkan oleh si pengguna bukan? Bicara tentang pengguna tentunya jauh lebih kompleks ketimbang bilang “salah sendiri kenapa mau beli masker”.

Yo wis lah….saya mau nyari masker dulu ya…:-)

Foto: Maskerman8 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.