Respon


Bila Anda berbagi sesuatu yang mungkin baik bagi orang lain biasanya responnya bermacam-macam. Tentunya Anda menginginkan agar apa yang dibagikan bisa bermanfaat bagi orang lain, dan dengan mudah kita akan tahu itu saat ada yang mengapresiasi. Namun seperti yang saya bilang, respon itu bermacam-macam, dan kita tidak bisa berharap respon yang didapat selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Saya sering mengamati bagaimana seseorang merespon sesuatu. Apresiasi untuk sesuatu yang baik yang dibagikan di media sosial itu terlalu biasa, sudah seharusnya demikian. Saya justru tertarik pada respon-respon yang nyeleneh. Misalnya yang sering saya dapati di linimasa saya sendiri adalah teman-teman yang punya kebiasaan mempertanyakan. Apa saja dipertanyakan as if tidak ada yang benar di mata mereka. Ada juga yang selalu mengoreksi, bila tidak ada yang dapat mereka koreksi, maka mereka tidak akan berkomentar apapun. Jadi komentar yang dapat diharapkan dari orang-orang semacam ini ya koreksi itu tadi. Dan banyak lagi respon-respon yang tak terduga yang mungkin Anda bisa ikut berbagi juga.

Keterbatasan media sosial membuka banyak sudut pandang bagi orang lain, sekaligus memberikan kebebasan bagi siapapun untuk mendefinisikan pesan yang mereka tangkap. Oleh karena adanya keterbatasan tersebut maka jika terjadi kekurang jelasan sebuah pesan maka akan semakin beragam respon yang di dapat atau bahkan tidak mendapatkan respon sama sekali.

Ini jadi permainan menarik bagi beberapa orang. Ajang berbagi informasi kadang jadi ajang memancing respon dan bahkan disengaja untuk mengarahkan atau memperkuat sebuah opini…haha! Itulah yang membuat saya suka mengamati respon-respon yang selalu muncul tak terduga.

Kembali ke awal, karena saya hanya memberikan sedikit contoh temuan dari sekian banyak respon, saya yakin banyak yang salah mengerti juga terhadap tulisan ini. Well, bebas-bebas saja sih dan konsekuensinya saya akan menjelaskan apapun yang ditanyakan sebisa saya dan itupun jika ada yang merespon tentunya 🙂

Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.