E-Scooter: Alat Transportasi atau Alat Rekreasi?


Pernah liat otoped listrik di jalanan? Uuppss….maaf di jaman saya menyebut kendaraan mainan ini (jaman dulu pakai tenaga kaki) dengan sebutan otoped. Kalau jaman sekarang istilah yang digunakan adalah e-scooter. Istilah yang awalnya cukup membingungkan sih karena pengertian scooter itu di jaman dulu adalah motor Vespa dan lain-lain yang bentuknya seperti Vespa tersebut. Namun saat ini penggunaan nama “scooter” ya digunakan untuk kendaraan yang fotonya ada di atas dengan menambahkan “e” jadi e-scooter untuk menunjukkan penggunaan tenaga listrik.

Terus terang saya bingung dengan positioning Grab Wheels ini. Saya pribadi melihatnya sesuai fungsinya ya, yaitu alat transportasi yang bisa disewa dalam jangka waktu tertentu untuk membawa kita dari satu titik ke titik tujuan. Hanya saja kelihatannya pengguna yang menyewa Grab Wheels ini kebanyakan justru bukan menyewanya sebagai alat transportasi melainkan alat rekreasi.

Alat rekreasi? maksudmu gimana sih Bang?

Setiap sore biasanya banyak anak-anak beserta orang tuanya berkumpul di stand Grab Wheels untuk antri menggunakannya bersama anak-anak mereka hanya sekedar untuk jalan-jalan berkeliling bolak balik di trotoar sekitar. Ada orang tua yang menemani anaknya yang masih kecil berdua menggunakannya, ada juga anak-anak remaja bergerombol, bareng-bareng janjian untuk jalan-jalan menggunakan Grab Wheels ini.

Ya, mereka senang menggunakan layanan e-scooter dari Grab Wheels ini tapi intensinya bukan sebagai alat transportasi yang membantu mereka melakukan perjalanan dari titik A ke titik B, melainkan mereka senang menggunakannya untuk bermain, rekreasi, bersenang-senang.

Apakah lalu ini salah? Saya pikir dalam konteks penggunaan sih tidak ada yang salah, namun dalam konteks lokasi jadi salah, karena trotoir itu bukan tempat bermain, dan kemudian ada juga yang menggunakannya sampai ke jalan raya. Bayangkan kalau anak-anak tersebut meluncur di jalan raya.

Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.