Memenangkan Pertempuran


Pertempuran untuk mengentaskan Covid-19 itu adalah pertempuran kita semua dimana yang menjadi medan pertempuran adalah tubuh kita masing-masing. Oleh karena itu ada hal-hal yang seharusnya kita semua pahami dahulu untuk ikut bertempur melawan Covid-19 ini.

Untuk menghentikan penyebaran Covid-19 ini, maka kita semua harus bersama-sama menjaga supaya si virus ini tidak menular, yaitu dengan menjaga diri dan menjaga jarak. Cara paling mudah ya tinggal di rumah selama minimal 14 hari. Kok sampai 14 hari? Karena 14 hari itu lah masa inkubasi virus didalam tubuh sampai akhirnya tubuh akan recover atau malah makin parah. Dengan tinggal di rumah, maka kita meredam penyebaran virus tersebut di dalam tubuh kita (jika virus tersebut sudah ada dalam diri kita). Jangan lupa banyak orang yang sudah terpapar Covid-19 namun tidak ada tanda-tanda jika mereka sakit, dimana dalam dunia medis ini disebut dengan Asymptomatic, dan orang-orang yang seperti ini jadi medium penyebaran yang paling berbahaya karena mereka merasa tidak sakit dan bebas berkeliaran.

Ok sekarang kita persempit topiknya pada diri kita sendiri. Tubuh kita sejatinya adalah medan pertempuran. Dimana siapa yang paling kuat akan memenangkan pertempuran tersebut. Bagaimana caranya supaya bisa menang? Ya harus sehat jangan beri kesempatan tubuh kita melemah secara fisik dan psikis. Untuk fisik ya kembalilah pada pola hidup sehat (saya tidak perlu membahas caranya karena kalian seharusnya bisa mencarinya sendiri di internet). Dan untuk psikis ya artinya mentalitas kita yang harus dijaga. Mulai berpikir positif, hindari stress berlebihan.

Panjang yaaaa….hahaha. Intinya:

Pertama jangan jadi agen distributor penyebaran virus dengan cara tinggal di rumah minimal selama 14 hari. Selalu cuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Jangan suka pegang-pegang wajah (mau itu wajah sendiri ataupun wajah orang lain).

Kedua kembali ke hidup sehat. Jaga makan (4 sehat 5 sempurna), istirahat yang cukup (jangan begadang). Gak perlu stress-stressan, semua orang sama kayak kita kok. Kalau tubuh kita sehat virus apapun gak akan bisa bikin kita “kalah” (jatuh sakit).

Dan yang ketiga, usahakan berolahraga sesederhana jalan kaki ringan minimal 30 menit. Lebih ekstensif ya lebih bagus. Kalau saya sekarang nambah yoga.

Begitu aja kali ya. Mudah-mudahan ini jadi tulisan terakhir saya yang membahas si Covid-19 ini. Kalau gak lama-lama besar kepala si virus ini dibahas melulu kan? 😀

Photo by Derick McKinney on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.