Interaksi Sosial Antar Kolega


Dengan merebaknya pandemi COVID-19, dunia bisnis harus melewati kenyataan baru, kantor tutup dan perusahaan menggunakan cara kerja jarak jauh, memperlihatkan bagaimana bisnis dapat bertahan – dan juga berkembang! Dan itu juga termasuk membina ikatan tim kerja dan hubungan karyawan yang kuat. Hanya karena kalau kerja di rumah tidak ada pantry khusus tempat bertemunya para teman kerja untuk ngobrol, itu tidak berarti perusahaan tidak dapat menciptakan peluang bagi para pekerja mereka untuk bisa saling terhubung.

Tidak semua bisnis dapat beroperasi dengan menerapkan bekerja secara remote, dan pekerja garda depan kebanyakan tidak memiliki kemewahan untuk bahkan menggunakan internet dari rumah. Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang dapat berfungsi tanpa kantor, ada banyak sekali manfaat bagi para pekerja yang bekerja secara remote. Salah satu perusahaan yang selalu saya jadikan contoh sukses dalam penerapan bekerja secara remote adalah Automattic.

Seluruh pekerjaan di Automattic selalu sepenuhnya dilakukan secara remote, dan hal ini sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir. Banyak perusahaan yang juga beralih ke sistem kerja remote ini, dan harus melalui proses pembelajaran juga.

Salah satu hal yang dapat dilihat sebagai tantangan adalah interaksi sosial di tempat kerja, yang memainkan peran penting dalam produktivitas dan kesehatan mental. Ketika karyawan membangun hubungan persahabatan dan hubungan interpersonal yang kuat, mereka lebih menikmati pekerjaan mereka dan melakukan pekerjaan yang lebih baik secara keseluruhan. Dan jika Anda mengira Anda tidak mengenal siapa pun yang pekerjaannya membaik ketika mereka memiliki ikatan sosial yang kuat di antara rekan kerja, sekarang Anda tahu, karena saya adalah salah satu orang tersebut!

Saya selalu merasa mendapatkan energi ketika dapat melihat wajah seseorang, terutama secara langsung, tetapi juga online. Saya juga seseorang yang belajar dari percakapan yang terjadi, jadi ide-ide akan nempel di kepala dengan lebih baik ketika saya memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang sebuah topik secara real time dengan teman satu tim.

Belakangan ini, tampaknya aplikasi telekonferensi sama lazimnya dengan coffeshop yang tersebar di setiap penjuru kota ini. “Zoom” yang telah menjadi bagian dari kosa kata dalam percakapan, membantu kami untuk tetap dekat dengan keluarga dan teman-teman (meskipun tidak secara fisik), dan itu menjadi santapan untuk kampanye pemasaran dan iklan.

Menyadari bahwa bahwa komunikasi sosial itu sangat penting untuk mempertahankan budaya pertemanan yang kuat, Automattic menggunakan Zoom bukan hanya untuk urusan pekerjaan saja namun juga untuk hangout bersama. Mereka menyelenggarakan open mic nights, membagi krayon pensil dan warna secara kolektif, atau melakukan yoga di kursi satu sama lain. Mereka juga memilih minuman seperti kopi, bir, soylent, teh, serta kripik cemilan pada saat bergabung dalam happy hour.

Selain memaksimalkan alat komunikasi online, mereka juga memperkuat hubungan antar kolega mereka secara offline. Misalnya, kami memanfaatkan fakta bahwa kami berada tersebar di seluruh dunia dan saling mengirimkan kartu pos.

Apa pun yang teman-teman di Automattic lakukan, mereka melakukannya karena mereka tahu bahwa hubungan sosial itu penting. Bahwa mereka tidak akan bekerja di kantor fisik yang sama itu berarti mereka harus lebih intens untuk meluangkan waktu, dan menyempatkan diri (secara virtual), untuk terhubung dengan rekan kerja. Untuk membantu memberikan bayangan serta inspirasi bagi bisnis lain tentang cara bekerja secara remote, Automattic telah mengumpulkan sumber-sumber tentang cara mereka berkomunikasi secara sosial di Automattic. Silahkan kunjungi halaman ini.

Foto-foto dari blognya Automattic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.