Hampir setiap kegagalan itu selalu diikuti oleh kekecewaan, dan terkadang dampaknya jauh lebih buruk daripada yang dapat kita bayangkan.

Menyebalkan memang.

Seperti kita semua sadari, mengubah ide menjadi kenyataan adalah proses yang menarik. Bagi saya sih hal tersebut akan jadi pengalaman paling menakjubkan yang bisa kita miliki. saya yakin banyak dari kita pun memiliki perasaan yang sama. Jika Anda berhasil, Anda akan puas. Jika gagal, Anda masih bisa mendapat pelajaran dari pengalaman yang didapat. Namun, semua itu tidak ada gunanya jika Anda tenggelam dalam kekecewaan mendalam yang disebabkan oleh kegagalan. Bahkan pengalaman yang didapat akan jauh lebih menyakitkan daripada yang pernah Anda bayangkan.

Bagi saya, akan jauh lebih baik jika kita melakukan sesuatu dengan asumsi bahwa kita tidak akan pernah dihargai, ataupun dikenal, dan bahwa semua yang kita lakukan tidak sepadan dengan waktu dan energi yang dikeluarkan.

Keuntungan dari melihat dari sudut pandang seperti itu adalah bahwa jika Anda membuat prestasi yang baik, itu akan menjadi bonus. Keuntungan lain adalah Anda akan memiliki satu pertanyaan lagi untuk dijawab:

“Apakah kamu ingin mewujudkan ide ini atau tidak?”

Begitu kita semua dapat dengan jujur menjawab pertanyaan tersebut, maka kita akan dapat melakukan segalanya dengan lebih mudah.

Photo by Ahmed Hasan on Unsplash