Permanen


Yuk ngobrolin pendidikan. Pagi ini saya membaca berita yang bertajuk Mendikbud: Setelah Pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen, dan kemudian tentu saja saya membaca penuh artikel ini. Apa yang harus dilakukan jika pembelajaran jarak jauh ini jadi permanen?

Ini mungkin yang akan jadi pertanyaan bagi banyak orang tua murid, terutama yang memiliki anak TK dan SD, di mana sosialisasi dengan teman sesama sangat penting dalam pengembangan kepribadian mereka.

Nope, saya bukan seorang psikolog lho ya, jadi jangan mengharapkan tulisan ini jadi sebuah pembahasan mendalam tentang perkembangan mental dan psikis anak.

Pembelajaran jarak jauh memang akan jadi sebuah cara yang efisien dalam menjalankan proses belajar mengajar, walaupun ada learning curve yang harus dilalui oleh murid dan guru. Namun dalam kacamata saya sebagai seorang ayah dari seorang anak SD, maka ada hal-hal yang hilang dan menurut saya cukup penting, yaitu kemampuan anak bersosialisasi dengan teman sesama anak secara langsung. Ya bersekolah itu sejatinya tidak hanya duduk di kelas dan berinteraksi dengan guru saja, tapi juga ada interaksi dengan teman sekolah juga. Tidak saja di kantin saat istirahat, tapi juga pada aktivitas-aktivitas lainnya. Nah ini yang perlu diketahui dan dipahami.

Kalau memang pembelajaran jarak jauh akan dijadikan permanen, maka pe er untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak kembali sepenuhnya ada di tangan orang tua. Apa yang harus dipersiapkan?

Yuk kita obrolin….:-)

Photo by Alexis Brown on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.