Absurditas Kehidupan


Saya suka sekali baca ataupun nonton cerita-cerita sejarah. Untuk alasan tersendiri, saya jadi bisa menyadari bahwa banyak hal-hal yang cenderung berulang tanpa disadari. Ini akan jadi topik tersendiri kalau diceritakan yang menurut saya sih menarik juga. Hanya tulisan saya kali ini tidak ke sana, tapi fokusnya pada banyaknya absurditas kehidupan yang terjadi diakibatkan briliannya manusia sehingga saking briliannya kita semua jadi overwhelmed belum lagi ditambah dengan pengaruh-pengaruh lain seperti emosi yang justru memperkuat hal tersebut.

Kita perlu mengakui bahwa kita manusia itu adalah mahluk yang kompleks, dan kompleksitas tersebut membuat kita jadi sering bersikap absurd.

Jika diikuti dari awal kelahiran kita semua, mestinya ingat ya bahwa kita diberikan identitas berbentuk nama, lalu agama, serta kebangsaan dan juga ras. Ya kita diberikan sederet identitas tersebut lalu dibesarkan dengan arah yang mengikuti identitas-identitas tersebut. Dan semua ini dilakukan secara turun temurun dan menjadi norma kita semua.

Tanpa bermaksud ingin protes, namun kenyataan yang ada justru identitas-identitas ini lah yang membuat umat manusia bertengkar dan berperang dengan dalih membela identitas yang notabene buatan mereka sendiri.

Absurd ya….

Pengen banget cerita panjang tentang keabsurdan manusia menyikapi aturan-aturan yang dibuatnya sendiri lalu protes sendiri and so on, and so on, namun tentunya ini butuh riset juga, dan saya belum siap juga jadi periset, haha!

Jadi tulisan pendek ini cuman ingin menyentil sedikit saja apakah kita semua sadar tentang absurditas kehidupan kita ini?

Photo by Stefan Cosma on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.