Saya gak tahu apakah anak-anak sekarang mengenal blogging platform yang namanya Tumblr ini. Dulu Tumblr ini disebut dengan istilah microblog, karena memang blogging platform tapi sangat minimalis. Saking minimalis nya jadi banyak disukai orang, karena mudah dan simpel.

Saya sudah menjadi pengguna Tumblr sebelum Tumblr di akuisisi oleh Yahoo!. Saat Yahoo! mengakuisisi Tumblr sebenarnya engineering team Yahoo! Latin America sedang mengembangkan platform yang sangat mirip dengan Tumblr namanya Yahoo! Meme. Bahkan mereka menjadikan pasar Indonesia sebagai pasar kedua (setelah negara-negara berbahasa latin) untuk dideploy. Saya sempat menjadi semacam product manager untuk Yahoo! Meme yang membuat saya pada masa-masa itu sering kurang tidur karena harus teleconference tengah malam dengan tim Amerika Latin. Namun entah mengapa setelah pergantian strategi perusahaan yang selalu berubah mengikuti perubahan tampuk kepemimpinan membuat Yahoo! Meme dan beberapa produk baru pada masa itu justru dihentikan.

Pada masa kepemimpinan Marissa Mayer, Yahoo! mengakuisisi Tumblr. Rada bingung sih dengan keputusan ini karena dulu Yahoo! Meme dihentikan pengembangannya, eh kok jadi mengakuisi Tumblr, ya seperti yang saya singgung di atas, kebijakan perusahaan mengikuti kepemimpinan yang ada. Mungkin pada saat itu Marissa Mayer juga menyayangkan dibatalkannya Yahoo! Meme, dan saat ia menjabat ia mengambil kesempatan untuk memilikinya kembali dengan mengakuisisi Tumblr.

Ya karena umur Yahoo! juga tidak lama pagi, paska Marissa Meyer, Yahoo! diakuisisi oleh Verizon Media (dulu namanya Oath, perusahaan yang dibuat berdasarkan penggabungan antara Yahoo! dan AOL), dan Tumblr dijual ke Automattic, perusahaan yang sangat terkenal dengan blogging platform, WordPress.com.

Saya dari dulu mengagumi Automattic dengan inisiatornya Matt Mullenweg, dan saya sejak jaman dulu memilih platform WordPress sebagai platform blog yang saya gunakan walaupun sekarang banyak platform blog yang bagus-bagus. Dan sekarang akhirnya Tumblr pun dimiliki oleh Automattic.

Saat ini saya sedang mencoba memindahkan domain name bangwin.net ke Tumblr saya, please feel free untuk memfollow saya juga di situ ya…:-)