Beberapa hari yang lalu saya mengupgrade OS pada MacBook Pro saya. Saya menggunakan Mojave sedangkan Big Sur baru saja keluar, sehingga itu membuat saya tertinggal dua kali, karena setelah Mojave ada Catalina, dan MacBook Pro saya belum terupgrade ke Catalina. Oleh karena itu saya pikir supaya tidak terlalu ketinggalan ya saya update dulu ke Catalina.

MacBook itu memang alat yang mahal dan lagi-lagi saya kejebak. MacBook Pro saya itu bukan yang terbaru (2015), dan saya dengan lugunya menyangka karena mesin saya mesin lama ya permasalahan harga sudah selesai, dan ternyata tidak. Seluruh ekosistem yang terbentuk ikut ambil bagian mencari cara memoroti si pemilik MacBook Pro yang malang ini.

Begitu selesai saya upgrade ke Catalina, sontak beberapa aplikasi tidak bisa jalan karena ternyata versi aplikasi yang saya gunakan tidak diperuntukkan OS Catalina. Semua aplikasi keluarga Adobe tidak bisa jalan (saya menggunakan Adobe CS6 di Mojave) dan Adobe sepertinya sudah lama ingin memindahkan semua pengguna ke versi CC yang sistemnya berlangganan tidak lagi membuat versi CS6 bisa berfungsi di Catalina, sehingga tidak ada pilihan lain jika masih ingin terus menggunakan aplikasi keluarga Adobe ya harus pindah ke CC.

Aplikasi lain yang tidak bisa jalan di Catalina adalah Final Cut Pro X (FCPX)…..saya gak ngerti kenapa, padahal FCPX ini buatan mereka (Apple) juga. Saya curiga mereka juga memasang perangkap yang sama dengan Adobe. Namun setidaknya iMovie masih bisa berfungsi, jadi ya biar saja saya akan menggunakan iMovie, toh kegiatan editing saya juga tidak sampai terlalu jungkir balik gimana gitu.

Ok, apa yang harus saya lakukan sekarang tanpa Adobe? Saya harus mencari pengganti Photoshop dan Audition yang akhirnya saya putuskan untuk menggunakan aplikasi open-source GIMP (pengganti Photoshop) dan Audacity (pengganti Audition). Saya dulu pernah ingin mencoba GIMP karena sebel dengan kondisi tergantung sama Photoshop, tapi malas belajar, jadi balik lagi ke Photoshop. Tapi sekarang kayaknya mesti maksa nih pakai GIMP.

Sedangkan untuk audio editing untuk kebutuhan produksi podcast, ya saya kembali ke Audacity setelah bertahun-tahun “jatuh cinta” sama Adobe Audition. Ya gak papa sih, hanya mesti lebih sabar kalau pakai Audacity, eh tapi siapa tahu versi yang terbaru ini lebih friendly kan? (wishful thinking)

Gambar di atas itu pengalaman pertama saya resizing foto di GIMP, not bad!