Jika kalian mendapatkan notifikasi lewat email tentang blogpost ini artinya kalian sudah berhasil kembali berlangganan blog ini, setelah beberapa saat seluruh subscriber yang terdaftar di blog ini “tersandera” karena kegalauan saya sendiri yang ingin nyoba kembali ke self-hosted blog.

Mungkin dari kalian ada yang menyadari bahwa beberapa posting sebelum ini dilakukan dari tempat yang berbeda? Kalau tidak ya alhamdulillah, sistem migrasi dari Jetpack (salah satu pluginnya WordPress) artinya bekerja dengan baik, hanya saja yang missed adalah ternyata sistem tersebut adalah “memindahkan” bukan “mengopy” para subscriber ke tempat yang baru. Sehingga begitu saya menyesal dan memutuskan untuk pulang, saya mendapati “rumah lama” saya kosong melompong, tidak ada penghuninya, eh ada sih 2 orang subscriber baru, dimana sebelumnya ada 597 subscriber.

Ini hanya untuk memastikan sih, boleh gak kalian memberikan komen ke blogpost ini untuk memastikan bahwa kalian menerima postingan ini kembali dengan baik?

Terima kasih dan selamat datang kembali para subscriber!

Poster photo created by ijeab – www.freepik.com