Ok, mungkin kita semua perlu merefresh ingatan kita semua bahwa sebetulnya smartphone itu adalah sebuah perangkat komputer kecil yang bisa masuk ke dalam saku. Perangkat komputer kecil ini membantu kita melakukan semua yang kami minta, seperti misalnya mengecek cuaca, mencari informasi di internet, memainkan game, menonton video streaming, memotret, dan bahkan menganalisis data. Smartphone ini memang sangat handal, kecuali kenyataan bahwa selalu muncul versi yang lebih baru dan lebih baik.

Sebagian besar dari kita mungkin dapat menambah waktu penggunaan beberapa tahun terhadap smartphone mereka, tetapi siklus peng-upgrade-an berarti selalu menggoda untuk segera mengganti smartphone dengan model dan fitur yang lebih menggiurkan. Anda biasanya juga dapat menghemat sedikit dengan menukar smartphone Anda saat membeli yang baru, tetapi ada kalanya Anda mungkin tetap menyimpan smartphone tua Anda.

Daripada membiarkan smartphone itu jadi pemberat kertas yang mahal, kenapa tidak digunakan kembali saja? Jika masih bisa terhubung ke Wi-fi, artinya smartphone tersebut masih bisa menjadi barang yang berguna untuk keperluan rumah tangga ataupun keluarga. Berikut ini ada beberapa ide bagus yang dapat Anda lakukan dengan smartphone lama Anda.


Kamera Keamanan

Jika Anda memiliki smartphone lama yang tidak lagi digunakan, Anda bisa mengubahnya menjadi kamera keamanan rumah. Unduh aplikasi kamera keamanan seperti Alfred di perangkat smartphone lama dan baru Anda, lalu pasang smartphone lama di tempat yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan sesuatu yang sederhana seperti suction cup untuk mobil, lalu pastikan perangkat smartphone tersebut memiliki akses ke daya. Sekarang Anda dapat menggunakan smartphone Anda saat ini untuk masuk dan melihat feed video dari smartphone lama Anda.


Photo by Alex Green on Pexels.com

Perangkat Video Chat

Jika Anda sering berkomunikasi melalui Skype, FaceTime, atau platform video chat lainnya, maka smartphone lama Anda dapat berfungsi sebagai perangkat video chat yang dedicated, selama Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang layak. Anak-anak tidak lagi harus meminjam smartphone Anda untuk menelepon nenek atau teman mereka, dan ini menjadikan smartphone Anda tetap bisa Anda gunakan untuk panggilan masuk dan lainnya.


Webcam Nirkabel

Jika Anda tidak memiliki webcam untuk komputer desktop Anda atau webcam di laptop Anda sedang rusak, Anda dapat beralih ke smartphone lama. Perangkat lunak gratis seperti DroidCam dan EpocCam memungkinkan Anda mengubah smartphone menjadi webcam untuk komputer Anda.


Jam Alarm

Cukup unduh aplikasi jam alarm melalui Wi-Fi (Listnya bisa dilihat di sini), letakkan smartphone Anda di dudukan, dan siap digunakan. Jika Anda cenderung menekan tombol tunda (snooze) di pagi hari, Anda dapat dengan mudah melepaskan smartphone dari dudukannya dan membawanya saat Anda ingin menambah jatah tidur lagi.


Photo by Sam Lion on Pexels.com

Alat Pembaca E-Book

Jika Anda menyukai buku dan komik, tetapi tidak ingin membeli perangkat pembaca buku digital (ebook), maka Anda dapat mengunakan smartphone Anda. Unduh aplikasi Amazon Kindle di iOS atau Android, dan sinkronkan pembelian Anda, Prime Reading, atau bahkan e-book gratis. Di iOS, Anda harus membeli e-book di situs web Amazon terlebih dahulu (karena Amazon tidak ingin memberi Apple potongan 30% dari pembelian buku dalam aplikasi), tetapi ketika Anda masuk ke aplikasi iOS dan merefreshnya, bukumu akan ada di sana. Atau alternatif lain Anda dapat membacanya melalui Apple Books.

Bagi para penggemar komik, dapat memanfaatkan Comixology, Marvel Unlimited, atau DC Universe


Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Pemutar Musik

Jika Anda berlangganan layanan streaming musik (Spotify, Apple Music, dan lain-lain), maka Anda memiliki akses ke hampir semua lagu yang pernah dibuat. Siapkan perangkat lama Anda pada dudukan pengisi daya, dan pasang beberapa headphone/earphone nirkabel atau sambungkan smartphone Anda ke speaker Bluetooth. Kemudian nyalakan beberapa lagu atau dengarkan podcast sambil membersihkan rumah, menyelesaikan beberapa pekerjaan, atau sekadar bersantai.


Photo by Jessica Lewis on Pexels.com

Alat Khusus Bermain Game

Ada banyak sekali pilihan game untuk iPhone dan Android, dan banyak di antaranya tidak memerlukan koneksi internet. Jika Anda memiliki smartphone tambahan, mengapa tidak menjadikannya sebagai alat khusus untuk bermain “game”? Anda bisa seru-seruan saat bersantai di sofa, atau mulai permainan setelah anak-anak selesai menggunakannya untuk menonton video anak misalnya.

Nah, apakah Anda punya pengalaman sendiri dalam memanfaatkan smartphone lama yang tidak lagi Anda gunakan? Coba deh share dengan kami di kolom komen di bawah ini.

Featured photo created by ijeab – www.freepik.com