Kalian tim mana? Mengerjakan supaya kelar cepat atau mengerjakan sampai sempurna? Jangan bilang keduanya karena itu adalah impian semua orang, dan kenyataannya tetap kesandung.

Kalau bicara niat dan pemikiran serta idealisme banyak orang (termasuk saya juga) maunya sempurna dong ya, tentunya dengan idealisme yang dikedepankan, bold & strong! Namun kenyataannya dari kacamata pemberi kerjaan biasanya tidak demikian.

Yang pertama yang harus kita semua pahami adalah dalam segala pekerjaan, kita berhubungan dengan manusia. Ya sama dengan kita, sama-sama manusia. Nah kadang kita jadi take for granted, karena sama-sama manusia maka kita merasa apa yang pikir perfect dan terbaik itu pasti sama jika dilihat dengan kacamata oleh orang lain. Dan ternyata…..Ya gak gitu, dan ujung-ujungnya bete sendiri karena merasa sudah kerja keras mencapai hasil yang dipikir paling sempurna tapi ternyata ya salah.

Keinginan para pemberi pekerjaan (klien) itu beda-beda dengan latar belakang yang berbeda-beda juga. Kalau itu bukan pekerjaan kita sendiri, dengan kata lain pekerjaan yang diberikan oleh klien, ya jangan pernah mengasumsikan bahwa pendapat kita sama dengan pendapat mereka. Lalu tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sanggup dan mau mengerjakannya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh si klien? Kadang kita tergiur sama kesempatan yang diberikan (dan juga kompensasinya) tapi Anda tidak sanggup untuk tunduk pada keinginan si klien. Ya gak bakal ketemu.

Pengertian “sempurna” juga sangat banyak ragamnya lho. Ada yang menganggap pekerjaan itu diselesaikan secara sempurna jika bisa menyelesaikan permasalahan yang diminta untuk diselesaikan. Tapi ada juga pengertian sempurna itu adalah jika pekerjaannya segera selesai, tidak perlu bagus-bagus yang penting kelar. Nah kan? Banyak lho yang terjebak di sini.

Jadi ya mending ditanya dulu kebutuhannya seperti apa, karena gak semua pekerjaan menuntut kapasitas penuh yang kita miliki juga lho. Walaupun banyak juga yang dealnya sekian tapi diminta kerjanya berkian kian….Ujung-ujungnya pecah kepala juga….hahaha!

Circle photo created by Racool_studio – www.freepik.com