Punya peliharaan gak di rumah? Apa yang kalian kasih untuk makan peliharaan kalian? Apakah peliharaan kalian suka dengan makanan yang kalian berikan?

Cara yang paling cepat adalah trial-and-error, kasih makanan yang memang ditujukan untuk hewan peliharaan kita kalau dia suka, kita akan beli jenis yang sama agar mereka mau makan, dan seterusnya. Saya hanya kepikiran, bagaimana sebuah produsen makanan hewan peliharaan memasarkan produk mereka jika si hewan tersebut hanya bisa mengekspresikan kecocokannya terhadap makanan yang diberikan dengan cara, lahap atau nyuekin….:-)

Coba deh lihat contoh makanan hewan di bawah ini:

Mereka menampilkan pilihan rasa, dan juga tulisan “Delicious Taste”, seolah-olah si kucing yang memilih sendiri makanannya. Ya, yang beli ya kita, si pemelihara hewan, sehingga asumsi saya ya pasti semua usaha daya tarik agar dibeli ya pasti ditujukan pada si pemilik hewan tersebut. Dan si produsen pet food berusaha keras menebak kesukaan para hewan tersebut sembari bilang “rasanya enak” lho, yang kalau dicobain sama si pembeli pasti jadinya lebih lucu lagi.

Ya selama hewan peliharaan masih dipelihara maka pemeliharanya lah yang bertanggung jawab atas makanan (dan minuman) mereka agar mereka bisa tetap cute, fluffy, loyal, dan sekian banyak alasan domestikasi mereka. Sampai satu saat para hewan tersebut bisa “merdeka” menentukan nasib mereka sendiri dan yang paling penting bisa berkomunikasi kali ya, maka strategi memasarkan makanan hewan tersebut akan jauh lebih menarik lagi menurut saya.

Miauw…?

Photo by am on Unsplash